Bertebaran Mobil Palsu di China Bermodel Eropa

Kamis, 10 Juli 2014 - 19:58 WIB
Bertebaran Mobil Palsu di China Bermodel Eropa
Bertebaran Mobil Palsu di China Bermodel Eropa
A A A
BEIJING - Apa yang tidak bisa dibuat di China? Secara nyata banyak mobil duplikat premium diproduksi di Negeri Panda tersebut. Mobil mewah imitasi Eropa itu semakin menjamur.

Semua model diduplikat, dari merek Inggris hingga Jerman. Beberapa terlihat sangat jelas menduplikasi dan sebagian lagi samar-samar. Pertanyaannya apakah legal mobil China memakai desain menyerupai model dari negara lain?

Menurut Oliver Tidman, pengacara dari firma hukum kekayaan intelektual asal Inggris, BRIFFA, tidak ada semacam hukum hak cipta internasional yang membatasi secara langsung siapapun mengadopsi desain lintas negara.

“Tapi ada persetujuan internasional sepeti Berne Convention untuk melindungi karya seni dan sastra. Hal ini memerlukan setiap negara menyadari hukum properti dan intelektual negara lain. Hak cipta sangat beragam untuk setiap negara, sementara itu tetap berbeda prinsipnya tetap sama,” jelas Tidman, seperti dilansir dari Autoexpress, Kamis (10/7/2014).

Bila ada perusahaan yang merasa desain mereka ditiru, prosesnya tidak mudah. Perusahaan yang keberatan harus bisa membuktikan bahwa desain telah disalin dengan tujuan yang sama, apakah hasil dari kreasi individual, atau merupakan turunan dari desain awal. Repot juga ternyata.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9333 seconds (0.1#10.140)