Tesla Model S Berhasil Dibobol, Pemenang Dapat USD10 Ribu

Senin, 21 Juli 2014 - 16:10 WIB
Tesla Model S Berhasil Dibobol, Pemenang Dapat USD10 Ribu
Tesla Model S Berhasil Dibobol, Pemenang Dapat USD10 Ribu
A A A
BEIJING - Tim hacker dari China akhirnya berhasil membobol otak elektronik dari Tesla Model S dan mengontrol berbagai fungsi inti. Ini hack pertama yang berhasil didokumentasikan di konferensi keamanan Syscan tahun ini.

Melansir laman Autoevolution, (21/7/2014) tim yang berhasil ialah tim dari Qihoo 360 Technology, dan berhak atas hadiah uang USD10.000. Bagi yang awam nama Qihoo 360 Technology, perusahaan ini adalah pengembang perangkat lunak antivirus, browser internet dan produk pihak ketiga lainnya.

Tim pemenang serta perusahaan menolak mengungkapkan bagaimana mereka benar menyusup ke Tesla Model S. Pastinya hacker perusahaan keamanan itu berhasil menguasai kunci pintu, klakson, wiper, lampu dan sunroof.

"Tesla tidak terkait dengan konferensi dan bukan merupakan sponsor dari kompetisi, kami mendukung gagasan untuk menyediakan suatu lingkungan di mana peneliti keamanan yang bertanggung jawab dapat membantu mengidentifikasi potensi kerentanan," kata seorang eksekutif Tesla melalui e-mail.

Eksekutif Tesla tersebut juga mengungkapkan bahwa, "Kami berharap bahwa para peneliti keamanan akan bertindak secara bertanggung jawab dan itikad baik," paparnya.

Kompetisi ini menawarkan hadiah uang tunai USD10.000 atau sekitar Rp115 jutaan bagi siapa saja yang mampu meng-hack Tesla Model S. Selama konferensi, satu unit Tesla Model S disiapkan bagi para hacker yang ingin mencoba meretas sistem Tesla.

Penyelenggara SyScan siap membayar hacker yang dapat mengontrol perangkat lunak Model S, atau memaksa browser web Tesla yang terintegrasi untuk mengunjungi situs-situs berbahaya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9669 seconds (0.1#10.140)