Saingan Google di China Akan Kembangkan Mobil Pintar

Minggu, 27 Juli 2014 - 12:02 WIB
Saingan Google di China Akan Kembangkan Mobil Pintar
Saingan Google di China Akan Kembangkan Mobil Pintar
A A A
BEIJING - Baidu, mesin pencari setara Google namun di China, telah mengkonfirmasi rencana untuk mengembangkan mobil pintar self driving seperti milik Google. Raksasa internet Negeri Tirai Bambu ini nantinya bakal membekali mobil pintar miliknya dengan teknologi cruise control.

Meski sama-sama mobil pintar namun mobil besutan Baidu nantinya akan tetap memiliki kemudi setir, tidak seperti mobil pintar Google. Kai Yu, Direktur Deputi Institute of Deep Learning Baidu mengatakan, mobil pintar garapannya akan berperan layaknya seekor kuda, bukannya sebagai robot seperti pada mobil pintar Google.

“Kepintaran sebuah mobil seharusnya tidak menggantikan fungsi pengemudi sepenuhnya, tapi memberikan mereka kebebasan,” lugas Yu yang dilansir dari Engadget, Minggu (27/7/2014).

Yu menerangkan bahwa "pintar" tidak dapat sepenuhnya menggantikan peran pengemudi. Ia menggambarkan bahwa kepintaran dalam menambil keputusan tetap di tangan manusia yang mengendalikan "kekang", dan menentukan arah laju kendaraan.

“Kebebasan dalam mengemudi mobil pintar artinya mobil itu cukup pintar untuk beroperasi sambil mengenali area sekitarnya, seperti halnya menunggangi seekor kuda, yang bisa mengambil keputusan sendiri untuk kondisi jalan yang berbeda-beda,” tambah Yu.

Mobil pintar ini akan dikembangkan oleh tim khusus dari Baidu, mirip seperti Google X, tim khusus yang melaksanakan proyek spesial seperti mobil pintar Google, Google Glass dan lainnya. Semakin penasaran, kita tunggu saja.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7929 seconds (0.1#10.140)
pixels