Toyota Aqua dan Prius Menjadi Mobil Paling Populer di Jepang

Selasa, 12 Agustus 2014 - 14:51 WIB
Toyota Aqua dan Prius Menjadi Mobil Paling Populer di Jepang
Toyota Aqua dan Prius Menjadi Mobil Paling Populer di Jepang
A A A
TOKYO - Pasar mobil Jepang, salah satu yang terbesar di dunia, sedang mengalami perubahan besar. Pemerintah lokal telah memprioritaskan kei cars dengan harapan membuat industri lokal lebih kompetitif.

Angka penjualan untuk bulan Juli (2014) yang dirilis minggu lalu oleh pengawas pasar Jepang, menunjukkan perubahan di bagian papan atas. Kali ini mobil terbaik disandang Toyota Aqua, dengan angka penjualan 23,900. Posisi kedua menempatkan Toyota Prius dengan selisih 6,000 unit.

Berbeda dengan kondisi pasar di Amerika, subkompak hybrid yang dianggap keluarga Prius ini berhasil menyalip Honda Fit, dengan model jauh lebih baru.

Sejak diluncurkan November lalu, Fit memegang posisi pertama untuk beberapa bulan. Namun pada bulan Juli, Fit hanya berhasil menjual 16,636 unit pengiriman di pasar domestik, mungkin karena pengaruh teknologi gearbox yang dimiliki. Berbeda dengan Fit, Aqua tersedia dengan satu mesin dan gearbox: 1.5-liter + motor listrik memproduksi 100 PS dan digabungkan ke CVT.

Dilansir dari Autoevolution, Selasa (12/8/2014), Toyota selalu menjadi pemimpin pasar di Jepang, dengan 6 model yang masuk dalam 10 besar teratas yaitu Aqua, Prius, Voxy, Vitz, Corolla dan Noah.

Sedangkan untuk pasar kei cars, Daihatsu Tanto adalah yang terbaik dalam penjualan, dengan 17.055 unit, meningkat 150% dari tahun lalu dan kemenangan pasar kedua untuk theToyota Group. Hal ini diikuti oleh Nissan populer Dayz, Honda N-BOX dan Suzuki Hustler, masing-masing sekitar 14.000 penjualan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9620 seconds (0.1#10.140)