Mini Cooper Austin Dihancurkan di AS

Senin, 15 Desember 2014 - 13:56 WIB
Mini Cooper Austin Dihancurkan di AS
Mini Cooper Austin Dihancurkan di AS
A A A
NEW YORK - Pejabat dari Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (AS) secara terbuka menghancurkan satu unit Mini Cooper Austin produksi 2000, sebagai peringatan bagi impotir ilegal.

Mobil seharga USD20 ribu atau sekitar Rp251,94 juta itu dihancurkan pihak berwenang, kerena belum dianggap diuji di bawah peraturan emisi AS dan persyaratan kecelakaan.

Menurut Associated Press, yang dilansir dari Leftlanenews, senin (15/12/2014), Mini yang dihancurkan ialah mobil hasil sita pemilik ketika sedang menunggu pengiriman.

Investigasi yang dilakukan oleh US Customs and Border Protection mengungkapkan, VIN mobil yang dihancurkan telah diubah agar terlihat seperti produksi 1988.

Hal itu dilakukan importir ilegal, sebab kendaraan yang telah berumur 25 tahun atau lebih tua dibebaskan dari peraturan emisi federal dan undang-undang crashworthiness (penghancuran).

Asisten Direktur Perdagangan dan Keamanan Kargo di kantor lapangan New York US Customs and Border Protection Leon Hayward mengatakan, penghancuran mobil ialah satu-satunya jalan agar membuat jera importir ilegal.

"Sejak VIN kendaraan sengaja dimanipulasi, penghancuran adalah satu-satunya jalan," kata Hayward.

Tindakan keras ini merupakan bagian dari kolaborasi antara AS dan otoritas Inggris yang disebut "Operasi Atlantik". Awal tahun ini, badan terkait juga menyita 40 Land Rover yang dianggap telah diimpor secara ilegal.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7675 seconds (0.1#10.140)