Mengenal Supercharger untuk Roda Dua

Minggu, 01 Februari 2015 - 23:31 WIB
Mengenal Supercharger untuk Roda Dua
Mengenal Supercharger untuk Roda Dua
A A A
JAKARTA - Masih ingat tentang Kawasaki H2 yang belum lama diluncurkan di Indonesia belum lama ini. Motor gede ini dibekali dengan supercharger yang biasanya digunakan pada mesin mobil.

Supercharger sentrifugal salah satu komponen yang berguna untuk menambah pasokan udara yang dibutuhkan oleh mesin. Fungsi utamannya agar pembakaran lebih sempurna. Caranya menghisap dan mengalirkan udara ke saluran intake manifold di mesin.

Udara yang dihasilkan menuju ke driven pulley pada perangkat supercharger, kemudian pompa berputar pada perangkat tersebut untuk memompa udara ke ruang bakar.

Dengan kondisi ini udara yang dipompa bisa diatur menggunakan security valve, maka tenaga mesin akan memutar turbin kompresor. Memanfaatkan rpm mesin, maka tenaga motor yang menggunakan supercharger akan terisi mulai dari putaran bawah.

Teknologi ini yang membuat putaran turbin supercharger mampu mencapai 130.000 rpm, saat mesin H2 diputaran mesin 14.000 rpm. Mesin yang dibekali Supercharger mampu menerima tekanan 1,5-2 kali, ketimbang mesin 1.000 cc tanpa supercharger.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6606 seconds (0.1#10.140)