Sofyan Harap Esemka Bisa Jadi Cikal Bakal Mobnas

Kamis, 26 Februari 2015 - 10:54 WIB
Sofyan Harap Esemka Bisa Jadi Cikal Bakal Mobnas
Sofyan Harap Esemka Bisa Jadi Cikal Bakal Mobnas
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Sofyan Djalil berharap, mobil Esemka bisa menjadi cikal bakal terciptanya mobil nasional (mobnas), hasil produksi dalam negeri. Esemka yang diminta memproduksi mobil angkutan pedesaan, komponen bahan bakunya akan disumbangkan dari dalam negeri.

"Akan diusahakan apa yang bisa dilakukan, diproduksi lokal. Tapi sumbangan terbesar itu produksi lokal, supaya itu akan menghidupkan upaya-upaya yang diperkuat usaha kecil juga," ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/2/2015) malam.

Sofyan menambahkan, tantangan terbesar mobil Esemka adalah menjaga kualitas serta melakukan pelayanan pasca penjualan. Kendati demikian, ide menjadikan Esemka memproduksi angkutan pedesaan adalah untuk mengapresiasi hasil karya anak bangsa.

"Mana tau suatu saat ini bisa menjadi cikal bakal dan bisa berkembang menjadi mobnas," imbuh dia.

Seperti diketahui, mobil Esemka sebelumnya dibanggakan bakal menjadi mobnas karya anak bangsa. Tapi ternyata hanya akan dijadikan mobil angkutan pedesaan. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat kabinet terbatas (ratas) mengenai industri automotif di dalam negeri.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3798 seconds (0.1#10.140)
pixels