Sukses Ikuti IIMS, Ini Rencana Esemka di 2023

Senin, 27 Februari 2023 - 09:50 WIB
loading...
Sukses Ikuti IIMS, Ini Rencana Esemka di 2023
Esemka sudah menyiapkan rencana-rencana baru setelah mengikuti perhelatan IIMS 2023, termasuk membuka diler. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Esemka menyabet dua penghargaan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang resmi berakhir Minggu (26/2) silam. Yakni, Best EV Commercial Car: Esemka Bima EV dan Favorite Local Car Brand.

Penghargaan Best EV Commercial Car membuat Esemka mengalahkan rival mereka, DFSK yang lebih dulu mengeluarkan mobil listrik komersial.

“Alhamdulillah, semoga branding kita lebih dekat dengan masyarakat,” kata Eddy Wirajaya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di JIExpo Kemayoran. Nah, berikut adalah beberapa langkah yang dilakukan Esemka setelah IIMS 2023:

1. Membuka 4 Diler Baru

Sukses Ikuti IIMS, Ini Rencana Esemka di 2023

Eddy menegaskan, secara internal Esemka terus berdiskusi untuk mempercepat pembukaan dealer dan service center. Sebab, saat ini merek mobil swasta nasional ini mulai dikenal banyak orang.

Alasan utama Esemka belum membuka dealer dan service center di kota-kota besar Indonesia adalah tujuan pemasaran mereka di pedesaan. Namun, dengan kehadiran Bima EV dan meningkatnya peminat Bima pikap, Esemka siap membangun dealer baru.

Sekadar informasi, saat ini diler dan service center Esemka hanya ada di Boyolali, Jawa Tengah. Namun, Eddy menegaskan bakal membuka 4 diler dan service center pada tahun ini.

2. Punya Rekanan di Jakarta


Meski hanya ada di Boyolali, tapi sebenarnya SMK Juga menggandeng bengkel rekanan di Jakarta. Yakni Adijaya Motor di Haji Nawi, Jakarta Selatan. “Di situ semua servis bisa, tapi kalau baterai (mobil listrik) kan kita baru pengenalan dan kita akan siapkan layanannya,” kata Eddy.

“Di Jakarta ada, di Lampung ada, di Boyolali ada. Memang masih terbatas. Jaringan tidak terlalu banyak karena kita masih kerja sama dengan bengkel rekanan. Kita lagi negosiasi di Jakarta untuk secepatnya bisa buka (diler),” ujar Eddy.

3. Mengincar Pasar Fleet


Eddy mengungkapkan bahwa konsumen Esemka di luar Pulau Jawa merupakan pasar fleet, seperti AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia). Tapi, dia menjamin pengiriman spare part bisa ke seluruh wilayah Indonesia.

4. Penjualan Mendekati 100 Unit

Sukses Ikuti IIMS, Ini Rencana Esemka di 2023

Selama 10 hari berpameran di IIMS 2023, Eddy menyebut bahwa penjualan mobil mereka mendekati 100 unit. Yang terlaris, salah satunya Bima EV. Bima EV merupakan kendaraan listrik pertama Esemka yang masuk segmen minibus. Mobil komersil itu ditujukan untuk UMKM dan jasa angkutan travel. “Mendekati angka 100,” kata Eddy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3046 seconds (0.1#10.140)