Rongsokan Mobil Bekas Terbakar Ini Dihargai Rp30 Miliar, Kok Bisa?

Senin, 03 Juli 2023 - 07:21 WIB
Ferrari 500 Mondial Spider Series 1 garapan Pinin Farina dengan kode sasis 0406 MD lansiran tahun 1954 saat utuh dan setelah terbakar. Foto: ist
ITALIA - Kerangka atau rongsokan mobil bekas terbakar sudah pasti tidak punya nilai jual tinggi. Kalaupun ada, hanya dijadikan “kanibal”. Yakni, diambil suku cadang yang masih layak dipakai untuk dijual secara terpisah.

Nah, uniknya ada rongsok kerangka dari Ferrari yang nilainya bahkan lebih berharga dibandingkan mobil barunya. Melansir Carscoops, rumah lelang RM Sothebys akan melelang kerangka rongsokan bekas mobil balap Ferrari. Mobil ini memiliki sejarah panjang. Itu sebabnya memiliki nilai atau harga jual yang sangat tinggi.



Rongsokan itu adalah Ferrari 500 Mondial Spider Series 1 garapan Pinin Farina dengan kode sasis 0406 MD lansiran tahun 1954. Ini merupakan salah satu model dari 13 unit contoh yang pernah dibuat oleh produsen asal Italia itu.

Namun, bentuknya sudah cukup hancur. Bahkan, bodinya hanya meninggalkan cat dasar tempaan bodi mobil. Kebakaran hebat yang terjadi pada mobil tersebut menjadi penyebab mobil penuh sejarah tersebut dalam kondisi yang sangat parah.





Sekadar informasi, mobil ini pernah digunakan oleh Ferrari untuk ajang balap kelas dunia. Mobil tersebut dikendarai oleh Franco Cortese yang berhasil finis di posisi ke-19 secara keseluruhan dan kedua di kelasnya pada 1954.

Melihat suksesnya, mobil ini dikirim ke Amerika Serikat untuk mengikuti perlombaan Evergreen Trophy di Pacific Raceways pada 1962. Setahun berikutnya, mobil ini dijual ke Stanley Surridge, dan mesinnya diganti dari empat silinder menjadi V8 .

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More