Jangan Keliru, Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Senin, 03 Juli 2023 - 09:45 WIB
Perbedaan antara sunroof, moonroof, serta panoramic roof menarik untuk diketahui. Foto: dok Wuling
JAKARTA - Perbedaan sunroof , moonroof, serta panoramic roof penting untuk dipahami. Ini karena ketiga fitur tersebut acap dihadirkan pabrikan mobil untuk menarik hati konsumen. Namun, tentu saja konsumen harus tahu apa sih perbedaan ketiganya.

Yang jelas, sunroof, moonroof, serta panoramic roof adalah komponen berupa kaca atau jendela pada atap mobil. Tentu, tidak hanya membuat mobil tampak menarik, tapi juga memiliki fungsi yang cukup penting.

Nah, berikut perbedaan ketiga jenis atap mobil tersebut beserta fungsinya seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Sunroof

Atap jenis sunroof, dapat dibuka dan ditutup dengan menggunakan sistem elektrik. Mobil beratap sunroof memungkinkan cahaya, udara segar, atau keduanya masuk ke dalam kabin mobil. Ini seperti jendela, hanya saja berada di atap mobil.



Biasanya sunroof mengusung dua jenis panel, yakni terbuat dari logam padat yang sama dengan eksterior langit-langit mobil. Di atasnya terdapat kaca berwarna yang dapat dimiringkan ke belakang sehingga memungkinkan udara dari luar masuk ke dalam kabin.

2. Moonroof

Moonroof sebenarnya termasuk bagian dari salah satu jenis sunroof, hanya saja material dan kegunaannya berbeda. Moonroof dibuat agar pemilik mobil dapat menikmati pemandangan di malam hari tanpa harus keluar dari mobil atau membuka atap mobil.

Secara dimensi, ukuran jendela kaca atap mobil ini serupa dengan sunroof, cenderung hanya bisa mengakomodasi penumpang baris paling depan atau pada area pengemudi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More