5 Bus Legendaris Penguasa Jalur Selatan Pulau Jawa

Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:13 WIB
Bus Legendaris Penguasa Jalur Selatan Pulau Jawa. FOTO/ DOK/ MPI
JAKARTA - Tercatat ada 5 bus penguasa j jalur selatan Pulau Jawa hingga saat ini. Pasalnya, pilihan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di jalur selatan Pulau Jawa saat ini kian sedikit.



Khususnya jalur Jawa Tengah dan Jawa Barat di bagian selatan. Pasalnya, jarak tempuh jalur selatan Jawa cukup panjang. Sedangkan kini telah ada tol Trans Jawa yang membuat efisiensi tempuh yang lebih cepat.

Maka tidak heran jika bus yang melayani jalur lintas selatan Jawa Tengah dan Jawa Barat kini kian menyusut. Kendati demikian, masih ada beberapa perusahaan otobus (PO) yang hingga kini masih eksis di jalur selatan. Berikut ini adalah daftarnya..

5 PO Bus sang Penguasa Selatan Pulau Jawa:

1. PO Efisiensi



PO Efisiensi sampai saat ini masih eksis dan cukup mendominasi jalur selatan Pulau Jawa. Khususnya jalur di wilayah Jawa Tengah.



Perusahaan otobus asal Jawa Tengah ini terkenal dengan livery warna busnya yang cerah mencolok. Selain itu, PO Efisiensi juga terkenal dengan armada busnya yang mewah dan memuaskan.

Sebagai bus jalur selatan, PO Efisiensi di Jawa Tengah melayani trayek yang melintasi beberapa kota di sisi selatan Jawa Tengah seperti Cilacap, Banyumas, Purwokerto, Purbalingga, Kebumen, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Magelang, hingga Semarang.

Selain menjadi bus AKAP jalur selatan, PO Efisiensi juga melayani trayek antar jemput bandara, khususnya bandara Adisucipto dan bandara Yogyakarta di Kulonprogo.

2. PO Budiman



Perusahaan otobus asal Tasikmalaya, PO Budiman menjadi salah satu yang setia melayani trayek selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah hingga saat ini. Didirikan sejak 1992, bus ini juga juga dijuluki sebagai rajanya jalur selatan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More