Safety Riding, Apa Saja Sih yang Harus Dipersiapkan Ketika Motoran?

Kamis, 09 November 2023 - 18:42 WIB
Perlengkapan safety riding seperti helm wajib dipakai saat berkendara. (Foto: MNC)
JAKARTA - Pengendara motor umumnya lebih mudah tergelincir atau mengalami masalah lainnya saat berkendara. Untuk itu, pastikan melakukan safety riding saat bepergian. Ini merupakan suatu perilaku berkendara yang aman dan nyaman.

Ada sejumlah persiapan serta perlengkapan yang harus dibawa guna terciptanya safety riding. Selain itu, Anda juga diimbau untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas selama berada di perjalanan.

Lalu, perlengkapan apa saja yang wajib para rider bawa demi terciptanya safety riding supaya selamat sampai tujuan? Berikut rinciannya:

5 Perlengkapan Safety Riding

1. Gunakan Helm SNI



Fungsi helm sangat vital bagi pengendara motor. Helm sangat berfungsi untuk melindungi kepala pengendara motor saat mengalami kecelakaan atau terjatuh. Gunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan hindari yang telah dimodifikasi untuk keamanan Anda.



Selain menggunakan helm SNI saat berkendara, Anda juga bisa membawa sarung helm sebagai tempat penyimpanan helm yang aman saat kendaraan Anda sedang berada di parkiran.

2. Bawa Jas Hujan



Cuaca yang sedang tidak menentu bisa mengakibatkan hujan kapan saja. Untuk itu, selalu sedia jas hujan supaya perjalanan Anda bisa tetap berlanjut saat hujan turun. Namun, pastikan situasi dan kondisi aman untuk melanjutkan perjalanan.

Pilih jas hujan yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda agar lebih nyaman saat berkendara. Anda juga bisa menggunakan jas hujan berwarna terang saat berkendara di malam hari agar terlihat jelas oleh pengendara lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More