8 Tips Merawat Baterai Sepeda Listrik, dari Cara Ngecas hingga Gaya Berkendara

Senin, 08 Januari 2024 - 18:00 WIB
Pengisian daya baterai sepeda listrik yang ideal adalah saat indikator baterai mendekati 10 persen atau lampu yang menyala pada bar tersisa 1. (Foto: ProductNation)
JAKARTA - Tips merawat baterai sepeda listrik penting diketahui agar performa kendaraan selalu terjaga dan berumur panjang. Sebab, sebagaimana kendaraan listrik lainnya, baterai menjadi komponen utama sepeda listrik.

Harga baterai listrik juga lumayan mahal dikisaran Rp1.350.000 hingga Rp1.800.000, tergantung spesifikasinya, sehingga penting untuk merawatnya agar tak sering ganti. Dengan perawatan yang baik diharapkan baterai sepeda listrik bisa bertahan hingga 3 tahun lebih.

Dilansir dari laman Selis, Senin (8/1/2024), secara umum, ada dua jenis baterai sepeda listrik yang sering dipakai. Yaitu Sealed Lead Acid (SLA) dan Lithium. Kedua jenis baterai ini sudah tidak perlu diisi air aki lagi. Namun, agar bisa digunakan baterai sepeda listrik harus diisi ulang menggunakan charger.



Berikut tips merawat baterai sepeda listrik dilansir dari berbagai sumber:

1. Isi daya sesuai petunjuk buku manual





Tips merawat baterai sepeda listrik yang pertama adalah pastikan melakukan pengisian daya sesuai durasi yang sudah dianjurkan dalam buku manual. Hal ini penting untuk menjaga baterai tidak overcharge.

2. Jaga baterai tak sampai kosong



Tips merawat baterai sepeda listrik yang kedua adalah menjaga baterai tak sampai kosong. Pengisian daya baterai sepeda listrik yang ideal adalah saat indikator baterai mendekati 10 persen atau lampu yang menyala pada bar hanya tersisa 1. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah isi daya baterai di suhu ruangan.

3. Gowes sepeda di tanjakan

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More