Alasan Mengapa Kendaraan Hidrogen Lambat Berkembang

Kamis, 25 Januari 2024 - 15:55 WIB
Toyota Mirai jadi andalan Toyota akan mobil yang menggunakan hidrogen dan membantu Pertamina membentuk ekosistem di Indonesia. Foto: TMMIN
JAKARTA - Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) menggandeng Toyota untuk mengembangkan ekosistem hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan di Indonesia. Bisakah hidrogen menjadi alternatif bahan bakar selain listrik? Apa kendala terbesarnya?

Pertamina NRE dan Toyota melakukan groundbreaking hydrogen refueling station (HRS) di SPBU Daan Mogot, Rabu (17/1).

SPBU Daan Mogot bakal jadi integrated energy refueling station pertama di Indonesia di mana akan menyediakan tiga jenis bahan bakar dalam satu stasiun pengisian, yaitu BBM, gas, serta hidrogen.

Dengan konsep High-Speed Hydrogen Refueling Station, HRS ini nantinya akan mampu melakukan pengisian hidrogen dengan skala komersial dengan waktu pengisian kurang dari lima menit.

Hidrogen menjadi salah satu portfolio bisnis hijau masa depan Pertamina dan Indonesia sangat berpotensi menjadi pemain utama sektor ini di tingkat regional.



Wakil Direktur Utama PT TMMIN Bob Azam mengatakan Toyota Mirai jadi andalan Toyota akan mobil yang menggunakan hidrogen dan membantu Pertamina membentuk ekosistem di Indonesia.

Nah, berikut adalah beberapa kendala bahan bakar hidrogen:

1. Infrastruktur Pengisian Terbatas

Kurangnya infrastruktur pengisian hidrogen merupakan salah satu hambatan terbesar. Sebagian besar negara belum memiliki jaringan stasiun pengisian hidrogen yang cukup untuk mendukung pertumbuhan kendaraan hidrogen. Ini membuat penggunaan kendaraan hidrogen lebih sulit, terutama di wilayah yang jauh dari stasiun pengisian.

2. Biaya Produksi dan Distribusi Hidrogen

Proses produksi hidrogen memerlukan teknologi yang canggih dan mahal, seperti elektrolisis air atau reformasi gas alam. Selain itu, distribusi hidrogen yang efisien dan aman juga menimbulkan tantangan dan memerlukan investasi yang besar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More