Mengenal Bus High Decker, Solusi Inovatif Transportasi Umum Dunia

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:29 WIB
Bus high decker menjadi populer di lingkungan perkotaan dan pinggiran kota di seluruh dunia. (Foto: Dok SINDOnews)
JAKARTA - Desain transportasi umum kini didominasi tren bus high decker. Lantas apa yang dimaksud bus high decker? Mengenali bus high decker sejatinya bisa dari tingginya.

Bus high decker menjadi populer di lingkungan perkotaan dan pinggiran kota di seluruh dunia. Fungsi bus high decker terutama terkait efisiensi dan keberlanjutan sistem transportasi modern.

Melansir dari laman Tfl.gov.uk, Sabtu (18/5/2024) bus high decker, disebut juga bus tingkat termasuk jenis bus khusus yang memiliki desain dua lantai. Tidak seperti bus tingkat tunggal pada umumnya, kendaraan ini memiliki tingkat tambahan yang memungkinkan peningkatan kapasitas penumpang. Inovasi desain ini banyak ditemui terutama di kota-kota dengan populasi padat dan permintaan layanan transportasi umum tinggi.



Berbeda dengan bus konvensional yang hanya satu lantai untuk menampung penumpang dan barang bawaan, bus high decker dilengkapi dengan ruang penumpang yang tinggi. Desain canggih ini menawarkan banyak manfaat bagi penumpang dan operator bus.



Fitur utama dari bus high deckers antara lain:



1. Dek penumpang yang ditinggikan

2. Fitur utamanya berupa dek penumpang yang jauh lebih tinggi daripada kabin.

3. Ketinggiannya mencapai 3,4 meter - 3,5 meter.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More