Pemilik Tesla Diminta Tidak Pakai Handuk Basah saat Ngecas

Kamis, 01 Agustus 2024 - 06:59 WIB
Stasiun pengisia daya mobil listrik Tesla. FOTO/ CARSCOOPS
WAHYU BUDI SANTOSO - Beragam mitos perawatan mobil tersebar di dunia maya dan salah satu yang paling sering terjadi adalah memasukkan telur mentah ke dalam radiator mobil dapat mengatasi masalah kebocoran tersebut.



Seperti dilansiir dari Autopro, Begitu pula dengan mengoleskan pasta gigi akan membuat lampu mobil menjadi lebih bersih dan bersinar. Kini pemilik Tesla pun punya mitos baru yang cukup populer menggunakan handuk basah.



Pakai handuk basah akan membuat mobilnya terisi lebih cepat katanya. Caranya adalah dengan membungkus dudukan kabel charger menggunakan handuk basah. Dikatakan cukup efektif di hari yang panas.

Pemilik Tesla Model S di teslamotorclub.com mengklaim mobil mereka mengisi daya dengan kecepatan 60 kW sebelum dia memutuskan untuk membungkus dudukan kabel pengisi daya dengan handuk basah dan meningkatkan kecepatan pengisian menjadi 95 kW!

Apakah larangan ini karena air dan listrik tidak menjadi kombinasi yang baik? Bukan karena soket charger dan Supercharger tahan air. Rupanya Tesla punya alasan tersendiri yang cukup logis. Apakah ini benar?

Menurut Tesla, meletakkan handuk basah pada dudukan kabel charger tidak akan meningkatkan laju pengisian daya tetapi akan mengganggu resistor pengatur suhu pada Supercharger dan dapat merusaknya.

Inside EV juga menyatakan bahwa taktik ini hanya efektif pada Supercharger V2. Pasalnya, Supercharger V3 memiliki pendingin internal pada dudukan kabel charger.

Namun tetap percuma jika digunakan untuk mengisi daya Cybertruck yang menggunakan sistem baterai 800 volt. Jika tidak sengaja, dudukan kabel charger bisa mengeluarkan asap.

Macam-macam taktik pemilik mobil sekarang. Saya ingat taktik meletakkan kain basah ini hanya efektif pada meteran TNB beberapa waktu lalu. Diduga hal itu akan memperlambat perputaran meteran. Kini rupanya pemilik Tesla yang konon kaya dan mewah pun memilih taktik serupa.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More