Kapal Perang Termahal Sepanjang Sejarah, USS Gerald R. Ford: Fakta-fakta Mengejutkan

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 13:12 WIB
USS Gerald R. Ford menjadi simbol kekuatan militer Amerika Serikat dan diharapkan bisa beroperasi hingga 90 tahun. Foto: ist
JAKARTA - USS Gerald R. Ford adalah kapal induk tercanggih dan termahal yang pernah dibuat, dengan biaya pembangunan mencapai lebih dari USD13 miliar (sekitar Rp200 triliun).

USS Gerald R. Ford adalah kapal perang yang mengesankan dengan teknologi canggih dan fasilitas mewah. Namun, pembangunannya yang penuh masalah dan biaya yang membengkak menimbulkan pertanyaan tentang efektivitas dan kelayakannya.

Meskipun demikian, kapal ini tetap menjadi simbol kekuatan militer Amerika Serikat dan diharapkan dapat melayani negara selama beberapa dekade mendatang.



Kapal ini merupakan kapal induk kelas baru pertama sejak USS Nimitz pada 1975 dan diharapkan dapat beroperasi hingga 90 tahun.

Ford-class carriers dapat membawa lebih dari 75 pesawat dan dilengkapi berbagai teknologi canggih seperti Electromagnetic Aircraft Launch System (EMALS) dan Advanced Arresting Gear (AAG).

Proses Pembangunan yang Kompleks

Pembangunan USS Gerald R. Ford dimulai pada 2005 dan melibatkan ribuan pekerja serta teknologi virtual reality dan augmented reality.



Kapal ini dirakit secara modular, dengan bagian-bagian kecil dirakit di tempat lain dan kemudian dikirim ke galangan kapal untuk digabungkan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More