Motor Ogah Nyala? Cek 10 Komponen Ini Sebelum ke Bengkel, Bisa Jadi Cuma Masalah Sepele!

Selasa, 10 September 2024 - 15:12 WIB

7. Periksa Oli Mesin

Oli mesin berperan penting dalam melumasi dan mendinginkan mesin. Jika oli mesin kurang atau kotor, maka mesin akan bekerja lebih berat dan sulit dihidupkan. Untuk memeriksanya, gunakan dipstick untuk mengukur ketinggian oli mesin. Jika oli mesin kurang, segera tambahkan. Jika oli mesin kotor, segera ganti dengan yang baru.

8. Periksa Kopling

Pada motor manual, kopling berperan penting dalam menghubungkan dan memutuskan tenaga dari mesin ke roda belakang. Jika kopling aus atau bermasalah, maka motor akan sulit dihidupkan, terutama saat mesin dingin. Untuk memeriksanya, coba hidupkan motor dengan gigi netral dan tarik tuas kopling. Jika motor tetap sulit dihidupkan, kemungkinan kopling bermasalah dan perlu diperbaiki atau diganti.

9. Coba Panaskan Mesin

Jika motor Anda sulit dihidupkan saat mesin dingin, coba panaskan mesin terlebih dahulu. Caranya, putar kunci kontak ke posisi "ON" tanpa menghidupkan mesin, lalu tunggu beberapa saat hingga lampu indikator mesin menyala. Setelah itu, coba hidupkan mesin.



10. Bawa ke Bengkel Terdekat

Jika Anda telah mencoba semua tips di atas namun motor Anda masih sulit dihidupkan, sebaiknya bawa motor ke bengkel terdekat untuk diperiksa lebih lanjut oleh mekanik profesional. Mereka memiliki peralatan dan pengetahuan yang lebih lengkap untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada motor Anda.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More