Puncak Macet Total, Ini Dampaknya pada Mesin Mobil

Senin, 16 September 2024 - 10:00 WIB
Selain mesin, komponen-komponen lain seperti sistem rem juga bisa mengalami masalah akibat kemacetan. Pada kondisi macet, penggunaan rem menjadi lebih sering karena mobil harus sering berhenti.

Hal ini dapat menyebabkan overheat pada sistem pengereman, bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen seperti kampas rem dan cakram.



3. Boros Bahan Bakar



Operasi mesin dalam kondisi macet dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi dari biasanya. Mesin yang terus-menerus idling atau berjalan dengan kecepatan sangat rendah akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak untuk menjaga mesin tetap berjalan. Hal ini dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan terkesan lebih boros.

4. Kualitas Oli Cepat Menurun



Ketika mesin bekerja dalam kondisi macet, suhu mesin cenderung naik secara signifikan. Ini dapat menyebabkan kualitas oli cepat menurun karena oli lebih cepat teroksidasi dan tercemar dengan partikel-partikel kotoran.

Kualitas oli yang menurun dapat mengurangi kemampuan pelumasannya, sehingga meningkatkan risiko gesekan dan keausan pada komponen mesin.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More