Dubai Siap Hadirkan Taksi Terbang pada Tahun 2026

Kamis, 19 September 2024 - 06:51 WIB
Taksi Terbang . FOTO/ DAILY
ABUJA - Dubai diperkirakan akan memperkenalkan layanan 'taksi udara' pada kuartal pertama tahun 2026, menurut direktur teknologi transportasi di Otoritas Jalan dan Transportasi Dubai (RTA), Khaled Al Awadhi.



Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi kota untuk meningkatkan mobilitas perkotaan dan mengurangi kemacetan lalu lintas, lapor Sputnik.



“Kami berencana meluncurkan layanan taksi udara pada kuartal pertama tahun 2026,''

“Saat ini kami sedang dalam proses pengujian dan perolehan sertifikasi kendaraan bersama partner kami Joby Aviation, perusahaan asal Amerika Serikat.

“Selain itu, kami juga sedang memasuki tahap desain stasiun bandara vertikal atau ‘vertiport’ yang bekerja sama dengan Skyports, perusahaan asal Inggris,” kata Al Awadhi.

Dia menambahkan bahwa Dubai berencana membangun empat vertiport untuk taksi udara, dan dua di antaranya diperkirakan akan dibuka pada awal tahun 2026.

Selain infrastruktur, sistem pengawasan dan keamanan taksi udara juga akan dibangun.

“Kami bekerja sama dengan mitra kami untuk memastikan layanan ini mudah diakses,''

“Kami yakin akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan helikopter biasa,” kata Al Awadhi seraya menambahkan biaya layanan ini diperkirakan akan lebih murah atau hampir sama dengan biaya sewa limusin.

Selain itu, Dubai berencana menjadikan layanan limusin sepenuhnya ramah lingkungan pada tahun 2026 melalui penggunaan mesin hibrida dan listrik.

Pada tahun 2035, semua taksi di Dubai diharapkan menggunakan listrik dan pada tahun 2050, seluruh layanan bus hanya akan terdiri dari bus listrik, kata Al Awadhi.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More