Siap Tempur, Toyota Hilux Disulap Menjadi Truk Militer 6x6

Sabtu, 28 September 2024 - 18:00 WIB
Perusahaan Australia Supacat memproduksi truk militer berbasis Hilux yang diklaim lebih ekonomis. Foto/Carscoops
JAKARTA - Kendaraan militer biasanya punya pabrikan khusus. Ternyata, kini Toyota Hilux bisa bertansformasi menjadi truk militer 6x6.

Mobil Hilux menjadi beberapa opsi yang terjangkau untuk dimodifikasi menjadi kendaraan militer. Maka, sebuah perusahaan Australia, Supacat hadir dengan truk militer berbasis Hilux yang diklaim lebih ekonomis.

Carscoops melansir, Sabtu (28/9/2024) sebuah Medium Utility Vehicle (MUV) dibangun di atas sasis kabin ganda Toyota Hilux dan dilengkapi dengan berbagai aksesoris. Fitur paling menonjol tentu saja satu set roda ekstra di bagian belakang, mengubahnya menjadi pembangkit tenaga 6x6.



Tiga as roda yang dipasangkan dengan ban berdaya cengkeram yang kuat memungkinkan truk ini untuk mengatasi medan yang lebih sulit sambil tetap mendapatkan keuntungan dari sasis ladder-frame Toyota yang andal. Supacat mengklaim bahwa model ini cocok untuk off-road dan berkendara di pesisir yang bertumpu pada snorkel dan bumper off-road.



Aksesori tambahan termasuk bull bar kokoh di bagian depan, LED ekstra yang melengkapi lampu depan halogen, pijakan samping logam, serta antena GPS, dan wrapping militer yang tepat. Bak belakang kustom menyediakan ruang yang cukup untuk senjata dan peralatan militer, diatur dengan rapi di rak modular.

Modularitas MUV membuatnya dapat dengan mudah dikonfigurasi ulang dan diperbarui ketika teknologi baru tersedia. Plus, ketersediaan suku cadang dan kemudahan servisnya menjanjikan perawatan yang mudah bagi pasukan pertahanan regional. Keterjangkauan menjadi kekuatan pendorong di balik pengembangannya, yang membuat Supacat memanfaatkan komponen komersial sebanyak mungkin.



Kapasitas mobil ini memuat hingga 3 ton. Berat kotor kendaraan yang mencapai 6,5 ton menjadikan MUV bukanlah kendaraan yang ringan. Sementara spesifikasi teknis masih dirahasiakan, Supacat menawarkan peningkatan untuk mesin turbodiesel 2.8 liter, yang menghasilkan tenaga 201 hp (150 kW / 204 PS) dan torsi 500 Nm (369 lb-ft) pada Toyota Hilux standar. Mesin ini dapat dipasangkan dengan transmisi manual atau otomatis.

"Kami percaya MUV akan diminati oleh pasukan regional yang ingin memaksimalkan kemampuan sambil dapat mendukung produk secara lokal dari sumber daya dan infrastruktur yang ada," kata Kepala Bisnis Masa Depan Supacat Matt Grech.

Angkatan Pertahanan Australia baru-baru ini mengumumkan penambahan Polaris Dagor ke armadanya, menyusul penolakan truk 6x6 Toyota Land Cruiser 79 Series dengan spesifikasi militer yang dibuat oleh AEP Engineering yang berbasis di Queensland. Masih harus dilihat apakah Supacat yang berbasis di New South Whales akan lebih beruntung dengan MUV berbasis Hilux.
(msf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More