Perbaiki Layanan Transportasi Publik, Kemenhub Gaungkan Teman Bus

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 01:04 WIB
Salah satu armada Teman Bus yang diharapkan menjadi bagian digitalisasi 4.0 smart-city program yang mendukung cashless society. Foto/Ist/Muh Iqbal M/SINDOnews
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan program Buy the Service (BTS) di tiga kota, yaitu Palembang, Solo dan Bali. Program ditargetkan juga akan hadir di Kota Yogyakarta dan Medan pada bulan Oktober ini. (Baca juga: Yang Tua Menggila, Honda H'ness CB350 Banjir Fitur Kekinian )

Ditargetkan sampai 2021, program Buy the Service sudah hadir di 10 kota dengan tambahan di Kota Makassar, Banjarmasin, Bandung, Surabaya, dan Banyumas.



Pada acara Webinar Session Program Teman Bus, Kamis (1/10/2020), hadir narasumber perwakilan Bina Marga Pantja Dharma Oetojo selaku Kasubdit Keterpaduan Sistem Jaringan Jalan dan Jembatan, Dit. Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan PUPR. Hadir juga Moch Risya Mustario, Kasijienrek Jiankek Subdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri. Ketiga instansi bersepakat untuk mendorong layanan transportasi publik agar lebih baik ke depannya bagi masyarakat.

Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, mengatakan, layanan Teman Bus ini diharapkan menjadi bagian digitalisasi 4.0 smart-city program yang mendukung cashless society. "Kita harapkan agar dapat mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan di Indonesia, sehingga muncul terobosan yang inovatif dan responsif terhadap program bantuan bus selama ini yang dinilai kurang berhasil," kata Budi Setiyadi saat membuka webinar.





Program ini sebagai langkah awal implementasi dari program Buy the Service (BTS) yang memberikan subsidi penuh bagi operator dengan fasilitas pendukung di bus yang lebih baik. Harapannya, lebih banyak penumpang yang beralih ke moda transportasi publik di seluruh Indonesia.

Kementerian Perhubungan menetapkan beberapa Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang harus dilakukan operator agar layanan Teman Bus memiliki kualitas dan pelayanan prima. "Keamanan, Keselamatan, Kenyamanan, Keterjangkauan, Kesetaraan dan Keteraturan menjadi 6 kunci utama dalam pelayanan Teman Bus," sebut Budi Setiyadi.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More