Kawasaki Hidupkan Kembali Motor Kesayangan Tentara Amerika Serikat

Kamis, 28 Januari 2021 - 05:24 WIB
Kawasaki KLR 650 akhirnya kembai lagi setelah pada 2018 disuntik mati Kawasaki. Foto/Kawasaki
JEPANG - Setelah dua tahun discontinue, Kawasaki akhirnya menghidupkan embali motor petualangan kesayangan tentara Amerika Serikat, Kawasaki KLR 650. Diketahui Kawasaki KLR 650 pertama kali dirilis pada 1997 dan setelah lebih dari dua dekade dimatikan oleh Kawasaki pada 2018 tanpa ada alasan khusus.

Padahal motor petualang Kawasaki itu sudah mendapatkan tempat yang istimewa di mata penggemar motor adventure karena ketangguhannya. Angkatan Bersenjata Amerika Serikat bahkan pernah menggunakan motor generasi pertama KRL 650 sebagai kendaraan taktis.

Kini dua tahun cukup bagi Kawasaki untuk menghadirkan Kawasaki KLR 650 generasi ketiga yang memiliki banyak hal baru. Beberapa hal terbaru yang bisa dicermati dari motor petualang ini adalah hadirnya teknologi fuel injection, desain yang lebih kekinian, rangka dan suspensi baru, serta fitur teknologi terkini.



Penggunaan lampu LED dan layar digital LCD multifungsi membuat Kawasaki KLR 650 lebih kekinian dibanding generasi sebelumnya. Selain itu terdapat fitur canggih mulai dari slot USB dan pemanas setang motor yang sangat berguna jika menghadapi musim dingin.



Agar semakin tangguh berpetualang, Kawasaki KLR 650 juga mendapatkan spesifikasi teknis baru. Misalnya pelindung rantai yang kini jauh lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Wheelbase juga diperpanjang begitu juga geometri bagian depan sehingga menawarkan stabilitas yang baik di jalan mulus yan panjang.



Untuk berlaga di medan berat, frame semi-double-cradle kin mendapatkan update baru. Termasuk frame belakang yang kini terintegrasi dengan frame utama sehingga lebih rigid sekaligus fleksibel. Swing arm pivot shft yang lebih panjang depan 2 milimeter juga memberikan pengendalian yang lebih nyaman ketika berada di medan berat.



Suspensi depan dan belakang memang masih sama dengan yang lama yakni 7,9 inci di depan dan 7,3 inci di belakang. Hanya saja settingnya sudah dioptimalkan agar lebih tangguh. Untuk pengereman, Kawasaki KLR 650 kini dilengkapi rem cakram besar di bagian depan sementara di bagian belakang ukuran cakram dibuat lebih tebal agar meminimalisir panas yang terjadi akibat pengereman intens.

Satu kekurangannya, Kawasaki justru tetap percaya diri memasang transmisi lima percepatan ke motor yang memiliki tenaga maksimal 40 dyaya kuda. Padahal penggemar Kawasaki KLR 650 berharap Kawasaki bisa mengaplikasikan transmisi 6 percepatan yang jauh lebih efisien dan moderen.
(wsb)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More