7 Penyebab Setir Berat dan Cara Mengatasinya

Minggu, 13 Juni 2021 - 21:05 WIB
Ada banyak komponen yang berdampak pada tuas kemudi mobil yang harus diperiksa. Foto: dok Wuling Indonesia
JAKARTA - Mengendarai mobil dengan keadaan setir yang berat untuk dibelokan pastinya akan mengurangi kenyamanan berkendara. Apalagi di tambah dengan munculnya suara aneh yang sumbernya berasal dari lingkar kemudi.



Padahal, dasarnya sebuah setir jika dikemudikan akan bekerja dengan lembut, ringan, dan bahkan tidak ada suara aneh.

Jika Anda mengalami hal seperti ini jangan di tunda dan segera lakukan pengecekan. Berikut ini di lansir dari wuling.id penyebab dan cara mengatasi stir mobil yang berat:

1. Volume oli power steering kurang



Sistem kerja power steering membutuhkan cairan khusus untuk dapat bekerja dengan baik dalam suhu dan tekanan yang tinggi sekalipun. Maka jangan sampai oli power steering kosong maupun telat melakukan penggantian.

Cara mengatasi hal tersebut di cek dan liat warna dari oli power steering kendaraan. Jika ditemukan warna yang sudah keruh atau warna hitam segera lakukan kuras dengan mengganti oli power steering yang baru. Pada dasarnya bengkel menyarankan ganti setiap 25.000-30.000km.

2. Ban kurang angin atau sudah botak

Apabila Anda berasakan setir berat saat dibelokan maka segera cek tekanan ban dan mengisi dengan angin. Ban yang kempis akan membuat beban kerja ban bertambah dan jika dibiarkan akan membuat ban menjadi rusak.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More