Pahami 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor Agar Mesin Tidak Terbakar

Minggu, 20 Februari 2022 - 14:25 WIB
Radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil. Jika terjadi kebocoran maka dampaknya bisa fatal. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Pengguna kendaran perlu memahami penyebab radiator mobil bocor . Sebab, radiator bertanggung jawab untuk mendinginkan mesin dan menjaga agar tetap berjalan pada suhu yang tepat.

Kebocoran pada radiator tidak hanya menimbulkan risiko panas berlebih dan menimbulkan kerusakan mesin. Namun juga bisa mengakibatkan kebakaran mesin.

Karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan berkala pada radiator untuk mengatasi kebocoran segera setelah mendeteksinya.

Kerusakan pada radiator juga bisa berdampak pada sistem mesin. Mesin yang sudah pernah overheat tentu perfomanya tidak akan optimal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini empat penyebab radiator mobil bocor.





1. Umur Radiator

Penyebab terbesar radiator mobil bocor adalah faktor usia. Hal ini dikarenakan komponen mobil memiliki jangka waktu penggunaan. Pada umumnya, radiator cukup lama jangka waktu pakainya. Bahkan kalau rajin dirawat bisa sampai 10 tahun.

Radiator yang terkikis bisa mengalami keretakan atau kebocoran. Untuk itu, segera ganti atau servis di bengkel terpercaya. Namun, jika sudah terlalu lama, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan radiator baru.

2. Saluran Radiator Tersumbat
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More