Cara Pasang Roof Box Mobil yang Aman untuk Mudik Lebaran 2022

Sabtu, 23 April 2022 - 19:41 WIB
Roof box keluaran Whale terpasang di Mitsubishi Pajero Sport. Foto: ist
JAKARTA - Pemilik kendaraan yang akan mudik perlu mengetahui cara pasang roof box mobil dengan aman. Roof box sendiri merupakan sebuah komponen tambahan yang dipasang di atas mobil dan biasanya digunakan untuk membawa barang bawaan.

Dalam hal ini, penggunaan roof box sangat berguna bagi pengendara yang akan mudik Lebaran. Ini karena saat mudik pasti butuh tempat penyimpanan barang yang cukup. Untuk memberi tambahan daya tampung penyimpanan barang, roof box ini bisa menjadi solusinya.

Namun, sebelum memasangnya pengendara perlu paham tentang aturan penggunaan serta cara memasangnya. Dilansir dari Moladin, berikut cara pasang roof box mobil yang aman untuk mudik lebaran.

1. Pastikan Beban Maksimal yang dimiliki Atap Mobil

Sebelum memasang roof box, pengendara wajib tahu tentang batasan berat yang bisa diterima atap mobil. Hal ini dikarenakan setiap mobil memiliki kemampuan menahan berat yang berbeda-beda.



Maka, pengendara harus memastikan roof boxnya tidak melebihi kapasitas berat yang bisa diterima atap mobil. Biasanya rata-rata kemampuan atap mobil untuk menahan berat adalah sekitar 70 kg-90 kg.

2. Memilih Ukuran yang Sesuai

Setelah memastikan beban maksimal atap mobil, langkah selanjutnya adalah memilih roof box yang sesuai dengan ukuran atap mobil. Pengendara harus tahu bahwa roof box yang melebihi kapasitas ukuran atap mobil bisa mengganggu aerodinamika mobil. Selain itu, juga bisa mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

3. Mengukur Posisi Cross Bar
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More