Ini Penyebab Keluar Asap Hitam dari Knalpot Mobil

Rabu, 18 Mei 2022 - 14:40 WIB
Asap hitam yang keluar dari knalpot mobil memberi pertanda bahwa ada masalah pada mesin pembakaran mobil. Foto/daihatsu.co.id
JAKARTA - Pengguna kendaraan tentunya harus memahami penyebab keluar asap hitam dari knalpot mobil . Asap hitam yang keluar dari knalpot mobil memberi pertanda bahwa ada masalah pada mesin pembakaran mobil.

Sedikitnya ada dua jenis mesin mobil, yaitu mesin bensin dan mesin berbahan bakar diesel. Kedua mesin tersebut tentunya dianggap bermasalah bila mengeluarkan asap hitam.

Lalu apa penyebab keluar asap hitam dari knalpot mobil? Berikut ulasannya dilansir dari auto2000.

1. Mesin Bensin

Penyebab keluar asap hitam dari knalpot mobil berbahan bakar bensin biasanya diakibatkan oleh dua hal, yaitu filter kotor dan sensor oksigen yang buruk. Kotoran yang menyumbat bagian filter tentunya menghalangi udara bersih mencapai mesin, sehingga mempengaruhi sisem kontrol emisi.





Tak heran, bila asap knalpot menjadi hitam. Begitu juga dengan sensor Oksigen yang buruk. Sensor Oksigen bertugas mengirimkan informasi ke unit kontrol mesin agar bisa menjalankan mobil secara efisien serta mencegah emisi apa pun. Artinya, apabila bermasalah, konsumsi bahan bakar menjadi tinggi dan mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap hitam.

2. Mesin Diesel

Sama seperti mesin mobil berbahan bakar bensin. Penyebab keluar asap hitam dari knalpot mobil berbahan bakar diesel akibat dua hal, yaitu filter udara tersumbat dan Sensor Mass Airflow yang buruk.

Kondisi ini menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi tinggi dan mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap hitam.

(wib)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More