Cara Mentransmisi Mobil Matik Ketika Stop and Go, Pemula Wajib Tahu

Kamis, 28 Juli 2022 - 09:23 WIB
Jangan paksakan mesin terus berada di putaran tinggi. Bila tadinya posisi gigi di D, sebaiknya ambil ancang-ancang dari bawah tanpa injak rem.

Baca juga : Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis, Perhatikan!

Ketika mobil matic membutuhkan torsi, lepas pedal gas dan langsung pindahkan transmisi ke gigi bawah secara bertahap, hingga ke D1 atau L. Saat transmisi sudah di gigi yang dikehendaki, injak pedal gas lagi agar saat menanjak langsung mendapatkan power. Teknik ini berlaku untuk transmisi matik konvensional, CVT atau AMT (Automated Manual Transmission) juga termasuk pada sistem transmisi mobil elektrik.

Pada dasarnya semua mobil matik akan memiliki pengoperasian yang sama ketika melalui tanjakan yang membedakan hanya tingkat percepatan yang dimiliki oleh tiap mobil.

Untuk kode giginya juga berbeda beda tiap mobil seperti, L, L2, D1, D2, dan sebagainya. Tinggal disesuaikan antara gigi dan kondisi jalan seperti apa yang akan dilalui.

Itulah cara cara mentransmisi mobil matik ketika stop and go terutama untuk di jalanan menanjak. Semoga informasi ini bermanfaat.
(bim)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More