4 Cara Parkir Aman Mobil dengan Transmisi Otomatis, Dijamin Tidak Cepat Rusak!

Minggu, 28 Agustus 2022 - 20:23 WIB
Cara parkir aman mobil dengan transmisi otomatis penting diketahui, sebab banyak yang masih asal-asalan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Cara parkir aman mobil menggunakan transmisi otomatis perlu diketahui karena masih banyak yang belum mengerti dan masih sering salah. Saat ini mobil dengan transmisi otomatis memang kerap menjadi pilihan karena selain mudah digunakan juga lebih praktis ketimbang manual. Namun masih banyak yang lalai dan sering asal asalan dalam memarkir mobil ini.

Ketika sering salah dalam memarkir mobil , lama kelamaan akan merusak komponen transmisi itu sendiri. Jika sudah rusak, maka wajib diganti. Menggantinya sendiri bukan perkara mudah. Sebab, harga transmisi sangat mahal.

Kerusakan ini memang tidak timbul secara langsung. Karena itu bisa dicegah dengan memahami cara parkir aman mobil bertransmisi otomatis. Melansir dari daihatsu.co.id, perseneling mobil matic hanya terdiri dari P, R, N dan D. Sementara huruf R, N, D pada transmisi otomatis ditunjukkan dengan angka 1-5 di persneling mobil manual.

Jadi, yang membedakan hanyalah persneling P yang tidak ada pada mobil manual. Jika telah paham maka berikut ini adalah langkahnya :

1. Parkir di Tempat Aman



Pilihlah tempat yang tidak menurun atau menanjak ketika parkir. Karena bisa saja di tempat yang rawan mobil dapat turun ke bawah atau mundur.

2. Pastikan Kemudi di Posisi Lurus

Pastikan untuk menjaga kemudi tetap lurus supaya tidak membebani salah satu komponen. Dengan memposisikan ban lurus juga akan menghemat ruang parkir nantinya.

3. Posisikan Tuas N dan Tarik Handbrake
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More