11 Cara Mencuci Mesin Mobil Paling Ideal

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 11:45 WIB
Cara mencuci mesin mobil penting untuk diketahui. Foto: ist
JAKARTA - Cara mencuci mesin mobil penting untuk diketahui konsumen. Sebab, walau selalu tertutup kap, tapi bukan berarti kondisi mesin selalu bersih dan terbebas dari debu serta kotoran. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu mengetahui cara tepat untuk membersihkan mesin mobil.

Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, mencuci mesin mobil memang diperlukan. Namun, harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Ini untuk mencegah terjadinya kerapuhan pada bagian karet dan plastik pada mesin. Nah, berikut cara mencuci mesin mobil yang ideal:

1. Hindari Matahari Langsung

Mencuci mesin mobil yang ideal di garasi tertutup. Tapi, jika kondisinya sempit dan gelap, maka disarankan untuk memilih tempat yang cukup teduh.



Ini perlu dilakukan karena di dalam mesin terdapat bagian yang terbuat dari karet dan plastik. Sehingga bisa rapuh apabila terkena air dan langsung terpapar sinar matahari, sehingga kualitasnya bisa menurun.

2. Siapkan Alat-alatnya

Peralatan dan bahan untuk mencuci mesin mobil juga perlu disiapkan. Antara lain air sabun, cairan degreaser, sikat, kuas, dan kain lap. Jika memiliki alat steam uap dan blower, sebaiknya gunakan kedua perangkat tersebut. Alat-alat tersebut akan mempercepat proses pencucian mesin mobil agar air sabun atau cairan degreaser dan air cepat mengering.

3. Pastikan Mesin dalam Kondisi Dingin
Halaman :