Fitur Engine Auto Start-Stop, Berguna atau Sekadar Gimmick Sih?

Jum'at, 06 Januari 2023 - 10:32 WIB
Fitur Engine Auto Start-Stop akan sangat bermanfaat bagi pengendara yang sering mengalami kepadatan lalu lintas di perjalanan. Foto: dok Suzuki
JAKARTA - Fitur Engine Auto Start-Stop belakangan jadi salah satu fitur andalan pabrikan. Fungsinya, membuat mesin mobil ini non-aktif secara otomatis saat berhenti sejenak. Tepatnya, ketika berjalan stop and go saat “stop and go” di kemacetan.

Tujuannya, untuk mencegah energi terbuang sia-sia ketika mobil berhenti, mengurangi emisi gas buang, serta lebih efisien konsumsi bahan bakarnya.

Fitur ini bisa ditemukan di Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terbaru, juga All New Ertiga Hybrid.

Tapi, sebenarnya fitur ini benar-benar berguna atau tidak sih? 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Donny Saputra mengatakan, fitur Engine Auto Start-Stop berfungsi untuk membuat penggunaan bahan bakar lebih efektif.

Sebab, ketika mobil berhenti sejenak maka mesin akan mati secara otomatis dan membuat mesin tidak mengalami proses pembakaran.





“Ketika mesin otomatis mati, disinilah baterai Accu dan baterai Lithium-ion mengalirkan energi agar fungsi kelistrikan dan fitur kenyamanan lainnya di All New Ertiga Hybrid tetap bekerja secara normal,” ujarnya.

Bahkan, Donny menyebut bahwa Suzuki menyarankan kepada pelanggan untuk menerapkan gaya berkendara Eco-Driving di aktivitas sehari-hari. “Supaya dapat membantu mengurangi emisi gas buang sekaligus penggunaan bahan bakar,” terang Donny.

Karena pada saat Stop & Go, lanjut Dony, mesin yang biasanya tetap hidup/idle ketika mobil berhenti, akan menjadi non-aktif sehingga penggunaan bahan bakar dapat diminimalisir.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More