Lebih Tua dari Vespa, Nenek Moyang Subaru Ternyata Skuter

Senin, 23 Januari 2023 - 20:34 WIB
loading...
Lebih Tua dari Vespa, Nenek Moyang Subaru Ternyata Skuter
Fuji Rabbit skuter Jepang, nenek moyang Subaru. FOTO/ JAPAN NOSTAGIC
A A A
MILAN - Jauh sebelum mesin boxer turbo dan AWD reli Subaru dirilis, ada kendaraan berjenis skuter bernama Fuji Rabbit.

BACA JUGA - Terjual Rp4,7 Miliar, Inilah Vespa Tua yang Sulit Dicari seperti Harta Karun

Nenek moyang Subaru diproduksi dari 1946-68 dan merupakan skuter pertama dari Jepang yang membantu orang bergerak setelah Perang Dunia.

Seperti dilansir dari Japanese Nostalgic Cars, kekalahan Jepang dalam Perang Dunia meninggalkan negara dalam kesulitan dan kendaraan kecil seperti skuter adalah pilihan cerdas untuk berkeliling.

Fuji Rabbit diproduksi oleh Nakajima Aircraft's (perusahaan asli dari Fuji Heavy Industries). Desain bodi didasarkan pada keahlian mereka dalam mendesain pesawat. Tak hanya itu, velg skuter ini sebenarnya diambil langsung dari velg belakang bomber terkenal Nakajima.

Sepertinya Kelinci dan Vespa. Keduanya merupakan hasil rekayasa pesawat terbang sehingga tampilannya berbeda dari sepeda motor biasa. Nyatanya Fuji Rabbit muncul 6 bulan lebih awal dari Vespa!

Kelinci tumbuh sepanjang hidupnya dengan penambahan starter otomatis dan panel bodi yang terbuat dari polietilen.

Bisa dibilang cukup canggih saat itu belum lagi transmisi otomatis dan sistem suspensi pneumatik.

Tak hanya itu, Fuji Rabbit juga memegang rekor sebagai skutik pertama buatan Jepang yang mampu berakselerasi di atas 100 km/jam. Itu cepat untuk skuter retro.

Saingan Fuji Rabbit adalah Mitsubishi Silver Pigeon dan diikuti oleh Honda Juno. Sepertinya tidak begitu penting skuter di era pasca perang.

Setelah sekian lama mengabdi dan ekonomi Jepang tumbuh, pasar skuter menurun dan era kendaraan roda empat yang lebih nyaman telah dimulai.

Skuter digantikan oleh Kei-cars atau mobil kecil, Fuji juga mengikuti dengan merilis mobil pertama mereka yang disebut Subaru 360.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3188 seconds (10.101#12.26)