Jangan Lakukan Hal Ini Agar Mobil Matic Tidak Cepat Rusak, Pahami Supaya Awet!

Kamis, 26 Januari 2023 - 13:58 WIB
loading...
Jangan Lakukan Hal Ini Agar Mobil Matic Tidak Cepat Rusak, Pahami Supaya Awet!
Penggunaan mobil matic kini sudah terbilang populer jika dibandingkan dengan penggunaan mobil dengan transmisi manual di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Penggunaan mobil matic kini sudah terbilang populer jika dibandingkan dengan penggunaan mobil dengan transmisi manual di Indonesia. Penggunaan transmisi matic tentu sangatlah praktis, pengemudi tidak perlu lagi menginjak kopling saat berpindah gigi.

Kemudahan dalam menggunakan mobil dengan transmisi matic ini membuat para pengemudi terkadang acuh terhadap kebiasaan yang akan menyebabkan mobil akan cepat rusak.

Baca juga : Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis, Perhatikan!

Berikut tujuh hal yang jangan dilakukan agar mobil matic tidak cepat rusak.

1. Memindahkan Gigi Asal-asalan

Meskipun dalam keadaan terburu-buru, pastikan mobil berhenti terlebih dahulu ketika memindahkan tuas persneling. Jangan sampai pengemudi memundurkan mobil dengan langsung menarik tuas D ke R saat mobil masih dalam keadaan melaju.

Hal itu membuat mesin transmisi kebingungan, juga membuat mesin mobil matic mudah rusak. Sebab dipaksa mengganti arah serta posisi saat mesin masih bekerja untuk hal sebaliknya.

2. Mendorong Mobil saat Mogok

ketika mobil bertransmisi matic mengalami keadaan mogok atau mati, jangan memaksa untuk mendorong. Sebab pompa oli pada mobil sedang tidak berfungsi. Sehingga tidak terjadi pelumasan pada sistem transmisi.

3. Menggeber Mobil Bukan di Posisi D
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2151 seconds (0.1#10.140)