Edan Biaya Perawatan 10 Tahun Bugatti Chiron Capai Rp3,1 Miliar

Minggu, 29 Januari 2023 - 06:30 WIB
loading...
Edan Biaya Perawatan 10 Tahun Bugatti Chiron Capai Rp3,1 Miliar
Biaya perawatan Bugatti Chiron bukan buat untuk orang biasa. Foto/DOK. Bugatti.
A A A
JAKARTA - Biaya perawatan mobil adalah hal yang perlu dipikirkan oleh setiap pemilik mobil. Banyak orang bahkan berusaha menghitung biaya perawatan mobil agar tidak memberatkan di kemudian hari.

Tidak terkecuali buat pemilik mobil Bugatti Chiron seperti Steve Hamilton. Di kanal YouTube miliknya, The Hammilton Collection, Steve Hamilton menjelaskan berapa uang yang telah dia habiskan dalam merawat Bugatti Chiron selama sepuluh tahun.

Menurut Steve Hamilton, salah satu pemilik mobil sport asal Prancis, biaya servis tahunan yang dibutuhkan mencapai USD11.500 atau setara Rp172, 18 juta.

"Untuk biaya tahunan mobil dengan harga Rp4,4 miliar sebenarnya ini tidak terlalu memberatkan. Bahkan bisa dikatakan lebih murah dibanding sport car lainnya," ujar Steve Hamilton di kanal YouTube miliknya, The Hammilton Collection.

Namun biaya servis itu belum ditambah dengan biaya penggantian ban dan lampu belakang yang harus dilakukan setahun sekali. Untuk lampu belakang biaya yang dikeluarkan setahunnya mencapai USD9.639 atau sama dengan Rp144,3 juta.

Biaya penggantian ban juga tidak murah. Setiap ban butuh uang sebesar USD8.450 atau mencapai Rp126,5 juta.



Edan Biaya Perawatan 10 Tahun Bugatti Chiron Capai Rp3,1 Miliar


Jadi setiap tahun biaya perawatan Bugatti Chiron totalnya Rp442 juta.

"Untungnya Bugatti menawarkan garansi yang selama empat tahun. Jadi servis tahunannya bisa mendapat potongan," ujar Steve Hamilton.

Namun, di tahun kelima pemilik Bugatti Chiron harus membayar normal. Jadi hampir setiap tahun biaya servis bisa mencapai setengah miliar rupiah.

Di tahun kesepuluh, Bugatti Chiron justru harus menjalani servis besar. Biaya yang dikeluarkan menurut Steve Hamilton mencapai USD34.000 atau setara Rp509 juta.

Biaya itu untuk keperluan servis besar seperti mobil-mobil lainnya. Beberapa komponen harus mengalami penggantian.



Edan Biaya Perawatan 10 Tahun Bugatti Chiron Capai Rp3,1 Miliar


"Untuk servis besar pemilik mobil bahkan harus melakukan pemesanan lebih dulu sebulan sebelum servis dilakukan," jelas Steve Hamilton.

Jadi selama sepuluh tahun memiliki Bugatti Chiron, Steve Hamilton mengaku sudah menghabiskan uang sebesar USD209.118 atau mencapai Rp3,3 miliar. Jadi selama sepuluh tahun dia bisa saja membeli lagi mobil yang sama.

"Jangan sampai mesinnya rusak. Pasalnya untuk penggantian mesin harganya saja sudah USD856.406 (Rp12,8 miliar)," tegasnya.

Menurutnya memang banyak orang akan kaget dengan biaya perawatan yang luar biasa besar itu. Namun bagi yang mampu membayarnya semuanya jadi sepadan.

"Sangat-sangat sepadan dengan performa yang diberikan," ujarnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4248 seconds (0.1#10.140)