Mobil Listrik Termurah di Dunia Sudah Terjual 1 Juta Unit

Jum'at, 03 Februari 2023 - 16:00 WIB
loading...
Mobil Listrik Termurah di Dunia Sudah Terjual 1 Juta Unit
Wuling Hongguang Mini EV kini harganya mencapai Rp65,9 juta. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Wuling Hongguang Mini EV, saudara tua dari Wuling Air ev telah resmi terjual sebanyak 1 juta unit sejak pertama kali dirilis pada 24 Juli 2020. Seluruh unit Wuling Hongguang Mini EV yang telah terjual ada di China.

Pasalnya Wuling justru tidak menjual Wuling Hongguang Mini EV di negara lain. Alih-alih mereka memasarkan model lainnya, Wuling Air ev, yang juga diproduksi di Indonesia.

Wuling Hongguang Mini EV memang jadi mobil listrik yang fenomenal. Pasalnya sejak pertama kali meluncur mobil listrik imut itu dikenal sebagai yang termurah di dunia.

Saat pertama kali dirilis harga mobil itu dijual di angka 32.800 Yuan atau setara Rp72,5 juta. Tidak heran jika Wuling Hongguang Mini EV langsung dinobatkan sebagai mobil listrik termurah di dunia.



Mobil Listrik Termurah di Dunia Sudah Terjual 1 Juta Unit


Awal tahun ini harga itu justru mulai diturunkan lagi. Car New China menyebutkan harga Wuling Hongguang Mini EV kini mencapai 29.800 Yuan atau sekitar Rp65,9 juta.

Tahun lalu penjualan Wuling Hongguang Mini EV bahkan jadi yang terlaris di China. Mobil tersebut mendominasi market share sebesar 30 persen untuk kategori mobil listrik kompak.

Selain Wuling Hongguang Mini EV mobil listrik lainnya yang masuk dalam daftar adalah Chery QQ Ice Cream, Chery Ant, Changan E-Star, dan Changan Lumin.



Sebagai mobil listrik mikro, Wuling Hongguang Mini EV memiliki dimensi Panjang 2.920 mm dan wheelbase 1.940 mm. Karena ukurannya yang kecil, radius putarnya hanya 4,2m.

Wuling Hongguang Mini EV juga dilengkapi dengan empat kursi kompak. Kursi belakang dapat diletakkan sebagai ruang penyimpanan, dan ruang penyimpanan maksimal adalah 741 liter.

Dari segi tenaga, Wuling Hongguang Mini EV dibekali motor tunggal berkekuatan 27 tenaga kuda. Jangkauan mobil listrik China itu diklaim mencapai 120 kilometer untuk Standard Range dan 300 kilometer untuk varian Long Range.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)