Dunia Heboh Mobil Listrik, Mengapa Honda Tetap Fokus di Bahan Bakar Hidrogen?

Jum'at, 10 Februari 2023 - 08:17 WIB
loading...
Dunia Heboh Mobil Listrik, Mengapa Honda Tetap Fokus di Bahan Bakar Hidrogen?
Honda bakal merilis SUV bertenaga hidrogen pada 2024 yang didasarkan platform Honda CR-V. Foto: dok Honda
A A A
JAKARTA - Ketika banyak perusahaan otomotif fokus di kendaraan listrik, Honda masih tetap mengembangkan mobil berbahan bakar hidrogen. Menurut mereka, pada 2050 harus lebih banyak lagi mobil hidrogen.

Sebab, bahan bakar hidrogen adalah salah satu energi alternatif yang mempunyai potensi tinggi disamping teknologi listrik.

Mobil bertenaga hidrogen adalah jenis mobil yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar utamanya. Proses kerja mobil bertenaga hidrogen melibatkan reaksi antara hidrogen dan oksigen, yang menghasilkan energi untuk menggerakkan mobil.

Hidrogen memiliki karakteristik unik yang dapat menyimpan dan mengangkut energi dengan kepadatan tinggi dan mengisi tangki dengan cepat.

Sistem sel bahan bakar ini diharapkan lebih efektif sebagai sumber tenaga untuk produk mobilitas ukuran besar yang banyak digunakan.

Honda sendiri telah melakukan penelitian dan pengembangan teknologi hidrogen dan FCEV selama lebih dari 30 tahun.

Sejak 2013, Honda telah bekerja sama dengan General Motor (GM) dalam pengembangan bersama sistem sel bahan bakar masa depan.

Honda menjadi salah satu perusahaan pertama yang berfokus pada potensi hidrogen menuju realisasi masyarakat zero carbon.

Operating Executive and Head of the Business Development Supervisory Unit Honda Arata Ichinose mengatakan, pihaknya ingin memperluas lingkaran pemanfaatan hidrogen secepat mungkin.

“Untuk mencapai tujuan ini, kami telah mengidentifikasi empat domain inti yang akan kami fokuskan selama fase awal bisnis hidrogen kami: model Honda FCEV, kendaraan komersial, pembangkit listrik stasioner, dan mesin konstruksi,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4326 seconds (0.1#10.140)