Mengenal Fungsi dari Crumple Zone, Zona Benturan pada Mobil

Rabu, 15 Februari 2023 - 15:31 WIB
loading...
Mengenal Fungsi dari Crumple Zone, Zona Benturan pada Mobil
Crumple Zone atau yang biasa dikenal dengan zona benturan merupakan area pada kendaraan yang memiliki rancangan khusus. Foto DOK wulling
A A A
JAKARTA - Crumple Zone atau yang biasa dikenal dengan zona benturan merupakan area pada kendaraan yang memiliki rancangan khusus. Fungsinya untuk melindungi kendaraan ketika terjadin sebuah insiden kecelakaan.

Crumple zone adalah sebuah teknologi yang ditemukan pada tahun 1937. Penemu dari teknologi ini adalah Bela Barenyi, dia adalah salah seorang insinyur asal Austria. Penggunaan teknologi ini pertama kali diterapkan pada sebuah mobil di era 1950-an.

Sejak pertama kali dicetuskan, teknologi yang satu ini dapat berkembang dengan sangat cepat. Pada tahun 1990, Volvo juga telah memperkenalkan pengembangan dari teknologi ini di bagian samping kendaraan.

Baca juga : Mengenal dan Mengetahui Cara Kerja Fitur Blind Spot pada Mobil

Berkembang pesatnya zona benturan ini tak luput dari fungsinya yang sangat berguna bagi pengemudi hingga penumpang dari tabrakan kendaraan.

Lantas, apa fungsi dari Crumple zone pada mobil ? berikut ulasannya.

Crumple zone memiliki fungsi untuk melindungi bagian ruangan kabin supaya tidak rusak saat terjadinya kecelakaan atau tabrakan yang sangat keras. Zona tabrakan inilah yang mampu mengurangi energi saat terjadinya benturan.

Oleh sebab itu, untuk mendistribusikan energi saat terjadinya sebuah benturan, maka dibentuklah bagian depan atau belakang mobil agar tak mudah ringsek. Peredaman energi yang dihasilkan ini akan terjadi secara otomatis dan juga fleksibel.

Peredaman energi dihasilkan dari adanya gaya kinetik yang datang dari arah berlawanan. Kemudian energi tersebut diserap oleh area Crumple ini. Sehingga dalam upaya penyerapannya, zona benturan tidak akan langsung rusak.

Bahkan ketika energi benturan akan mengecil atau habis, pengemudi maupun penumpang akan aman saat terjadi tabrakan besar. Dengan demikian seluruh penghuni mobil akan selalu terjaga dan selamat ketika terjadi insiden tabrakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)