Mengenal dan Mengetahui Cara Kerja Fitur Blind Spot pada Mobil

Senin, 20 September 2021 - 21:43 WIB
loading...
Mengenal dan Mengetahui Cara Kerja Fitur Blind Spot pada Mobil
Salah satu fitur keselamatan yang saat ini terus dikembangkan adalah blind spot monitor. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Fitur keselamatan pada mobil selalu berkembang, demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengemudi serta penumpangnya. Salah satu fitur keselamatan yang saat ini terus dikembangkan adalah blind spot monitor.

Bagian yang tidak dapat terlihat oleh mata pengemudi disebut sebagai blind spot atau titik buta. Blind spot ini sangatlah rawan terjadi kecelakaan karena seringkali pengemudi mobil tidak dapat melihat apa yang ada di balik blind spot tersebut.

Contohnya di Indonesia, pengguna kendaraan bermotor sangatlah tinggi sehingga kondisi jalan yang macet membuat pengendara motor harus menyelip di antara mobil-mobil.



Tidak jarang para pengendara motor atau mobil lainnya berada di area blind spot sehingga pengemudi mobil bisa saja dengan tidak sengaja menyenggol atau menabrak pengemudi lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut, dikembangkanlah fitur keselamatan yaitu blind spot monitor yang dapat membantu pengemudi mobil agar dapat mengetahui apakah ada kendaraan atau hal lainnya yang berada di area blind spot.

Dengan demikian, melansir dari laman Auto2000, Senin (20/9/2021), pengemudi mobil dapat menghindari terjadinya kecelakaan dengan menjauh dari pengendara lainnya.

Blind spot monitor atau yang bisa disebut sebagai blind spot sensor merupakan fitur keselamatan yang dapat membantu pengemudi untuk melihat area yang tidak mampu dijangkau oleh mata. Pengemudi dapat menemukan sensor ini pada kaca spion dan di sana terdapat icon dengan dua mobil.



Saat sensor tersebut menangkap adanya kendaraan atau objek lain di sekeliling mobil, maka icon tersebut akan berkedip untuk memberikan tanda kepada pengemudi.

Sensor blind spot monitor dipasang pada area bumper belakang mobil atau bisa juga pada area kaca spion bagian bawah. Sensor tersebut dapat menangkap dan mendeteksi apakah ada kendaraan atau objek lain yang berada di sekitar mobil pada area blind spot.

Ketika sensor tersebut mendeteksi adanya kendaraan dan objek lain, maka sensor tersebut akan mengirimkan sinyal yang dapat terlihat pada icon blind spot monitor pada kaca spion yang berkedip. Dengan demikian, sinyal tersebut dapat terlihat oleh pengemudi mobil dan area blind spot dapat terjangkau.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5446 seconds (0.1#10.140)