GM Ciptakan Layar Sentuh dengan Pembersih Otomatis untuk Hilangkan Sidik Jari

Sabtu, 18 Februari 2023 - 07:15 WIB
loading...
GM Ciptakan Layar Sentuh dengan Pembersih Otomatis untuk Hilangkan Sidik Jari
General Motors (GM) telah mematenkan desain layar baru yang memungkinkan layar sentuh menghapus sidik jari dengan sendirinya. Foto/GM/NewAtlas
A A A
WASHINGTON - General Motors (GM) telah mematenkan desain layar baru yang memungkinkan layar sentuh menghapus sidik jari dengan sendirinya. Ini adalah sistem fotokatalitik, menggunakan LED ultraviolet (UV) yang terpasang pada matriks RGB (merah, hijau, biru).

Sistem terdengar relatif sederhana, tetapi membutuhkan beberapa perubahan mendasar pada susunan piksel di belakang layar. Di mana sebagian besar layar menggunakan LED merah, hijau, dan biru, yang diatur pada intensitas berbeda, untuk membuat palet warna penuh.

Desain GM akan menambahkan piksel keempat di seluruh matriks, yang secara khusus disesuaikan dengan panjang gelombang ultraviolet yang tidak terlihat. Di permukaan layar, akan ada lapisan transparan dari beberapa jenis fotokatalis berbasis oksida logam, titanium dioksida, yang telah kita lihat digunakan sebelumnya pada panel surya yang membersihkan sendiri dan berbagai aplikasi lainnya.



Saat terkena sinar UV, titanium dioksida berubah dari hidrofobik menjadi super-hidrofilik, dan mulai menarik kelembapan dari udara. Hal ini menciptakan lapisan tipis air di permukaan, dan mulai mengoksidasi air tersebut untuk menghasilkan molekul radikal bebas secara elektrokimia.

“Dalam fitur lain, foto-katalis mencakup oksida dari logam pertama. Kemudian, oksida tersebut diolah dengan logam kedua yang berbeda dari logam pertama dalam oksida,” keterangan GM dikutip dari laman techspot, Sabtu (18/2/2023).

Kemudian lapisan ini menyerang dinding sel, sitoplasma, dan DNA bakteri, jamur, dan organisme biologis lainnya. Secara efektif, ini membunuh sebagian besar bahan organik di permukaan, menghancurkan residu minyak dan juga kotoran lainnya.

Jadi perlahan-lahan membersihkan dan mensterilkan layar, dan ketika sinar UV dihilangkan, permukaan kembali menjadi kedap air, memungkinkan kelembapan naik dan menggulung permukaan. Ide GM adalah merancang lampu UV jarak dekat yang dapat dikontrol langsung ke dalam matriks warna layar, sehingga dapat memulai proses pembersihan sendiri kapan saja.



Termasuk pada malam hari, saat mobil tidak digunakan dalam kegelapan, atau bahkan selama siklus pembersihan yang dimulai secara manual oleh pengemudi di siang hari. Piksel ungu dari ultraviolet akan menyala dan mengaktifkan fotokatalis pada lapisan layar yang akan memulai reaksi kimia yang menggunakan kelembapan di udara.
GM Ciptakan Layar Sentuh dengan Pembersih Otomatis untuk Hilangkan Sidik Jari


Reaksi ini memecah bahan organik yang tertinggal di sidik jari, serta residu minyak dan lemak dari makanan. Ketika reaksi berhenti dan semuanya mengering, noda dan sidik jari berminyak itu akan hilang begitu saja seperti debu tertiup angin.

Bahkan Anda dapat menggunakan secara manual. Atau bisa diatur untuk bekerja secara diam-diam selama beberapa jam di tengah setiap malam saat tidak ada yang melihatnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4074 seconds (0.1#10.140)