Cara Menyembunyikan File dan Folder di Ponsel Android Tanpa Unduh Aplikasi

Kamis, 16 Juli 2020 - 10:01 WIB
loading...
Cara Menyembunyikan...
OS Android sudah menawarkan solusi primitif, dan berfungsi sepenuhnya untuk membuat file dan folder tertentu hanya dapat diakses melalui aplikasi manajer file, dan tidak perlu aplikasi lainnya. Foto/Ist
A A A
MOUNTAIN VIEW - Ketika handphone berada di tangan orang lain atau hilang, maka kemampuan untuk menjaga konten tertentu, seperti foto dan video untuk tidak terlihat dapat dianggap penting. (Baca juga: Bosan dengan Suasana Kamar? Yuk, Dekor dengan Variasi Foto Polaroid )

Menjadi software berbasis Linux, Android sudah menawarkan solusi primitif, dan berfungsi sepenuhnya untuk membuat file dan folder tertentu hanya dapat diakses melalui aplikasi manajer file, dan tidak perlu aplikasi lainnya. Ini tidak hanya sederhana, tapi juga akan membuat Anda tidak perlu mencari aplikasi penyembunyian file khusus.

Metode 1
Trik pertama adalah membuat folder tersembunyi khusus. Cukup buat folder baru, dan pastikan namanya dimulai dengan titik. Tidak masalah bagaimana Anda menamainya, asalkan dimulai dengan titik, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Cara Menyembunyikan File dan Folder di Ponsel Android Tanpa Unduh Aplikasi

Ini pada dasarnya memberitahu Android untuk melupakan folder ini dan tidak pernah melihat ke dalamnya. Hanya manajer file dan aplikasi sistem tertentu yang akan mengetahui keberadaannya.

Ini berarti file yang disembunyikan di dalam folder tidak akan muncul di aplikasi Galeri, pemutar multimedia, klien email, editor kantor dan sejenisnya.

Metode 2
Opsi kedua adalah menyembunyikan file media di dalam folder yang ada dengan membuat file .nomedia di dalamnya. File ini seharusnya tidak memiliki ekstensi. Ini hanyalah sebuah file kosong bernama '.nomedia' (tanpa kutipan).
Cara Menyembunyikan File dan Folder di Ponsel Android Tanpa Unduh Aplikasi

Laman Phone Arena menyebutkan, memiliki file tersebut di dalam folder akan menyembunyikan semua file media (gambar dan video) di dalamnya, dari aplikasi apa pun yang mencoba berinteraksi dengannya. Perhatikan bahwa hanya manajer file yang dapat membuat file baru, seperti ES File Manager yang akan bekerja untuk metode ini.

Penting! Pastikan untuk mengaktifkan tampilan file dan folder tersembunyi di dalam file manager pilihan Anda, karena pengguna tidak akan dapat menjangkau file yang baru Anda sembunyikan. Sebenarnya, bagian tersulit dari seluruh cobaan bersembunyi adalah menemukan manajer file yang baik.

Jika ponsel atau tablet Anda tidak disertai dengan itu, cobalah Manajer File Xiaomi, yang memang memiliki opsi "Tampilkan file tersembunyi" di Pengaturannya. File itu bekerja baik dengan metode pertama dalam trik ini.
(iqb)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)