Tips Menghindari Karat pada Mobil, Lakukan supaya Awet!

Jum'at, 24 Februari 2023 - 17:20 WIB
loading...
Tips Menghindari Karat pada Mobil, Lakukan supaya Awet!
Tips menghindari karat pada mobil tentunya harus dipahami bagi para pemilik. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tips menghindari karat pada mobil tentunya harus dipahami bagi para pemilik. Hal ini menjadi penting lantaran menyangkut harga nilai jual kembali dan usia pakai dari kendaraan .

Mobil tidak berkarat sejatinya akan memiliki nilai jual yang lebih baik, maka pencegahan harus selalu dilakukan. Terlebih ketika memasuki musim hujan, pencegahan tentu lebih baik dilakukan secara dini.

Karat pada komponen-komponen mobil yang berbahan besi biasanya menyebar dalam waktu yang lama dan akan semakin cepat apabila mobil sering terkena udara lembab yang bisa memicu timbulnya oksidasi dan juga korosi.

Baca juga : Gawat, Mobil Listrik Justru Rentan Karat dibanding Mobil Konvensional

Oleh karena itu tugas sebagai pemilik mobil adalah menjaganya supaya karat tidak menempel pada mobil. Namun sebelum melakukannya, ketahui dulu cara menghindari karat pada mobil.

Berikut tips menghindari karat pada mobil dengan mudah.

1. Rutin Mencuci

Penyebab utama kendaraan berkarat adalah air hujan. Diketahui air hujan memiliki kandungan asam tinggi, maka sebaiknya jangan dibiarkan lama menempel pada mobil. Terlebih ketika debu-debu dan lumpur yang menempel lekat pada kolong mobil.

Selain itu, usahakan ketika mencuci mobil tidak di malam hari. Sebab udara yang lembab akan mempengaruhi kelembapan pada body dan bagian dalam ruang mesin mobil. Oleh karena itu hal ini akan berpotensi besar menimbulkan karat.

2. Membersihkan debu dan lumpur yang menempel

Cara mencegah mobil agar tidak karat selanjutnya adalah dengan membersihkan kotoran setelah kendaraan diguyur air hujan. Meskipun terlihat sepele, lumpur yang sudah menempel akan menyebabkan korosi pada bagian yang tertempel.

Maka dari itu pemilik mobil harus rajin membersihkannya, tidak sekedar pada bagian body tetapi juga sampai dengan kolong kendaraan.

Baca juga : Waspada, Kenali Faktor-Faktor Penyebab Karat Pada Mobil

3. Lumasi pada bagian engsel pintu

Cara mencegah karat lainnya adalah dengan merawat komponen kendaraan pada bagian engsel pintu. Hal ini menjadi penting karena jika sering dibiarkan akan segera timbul karat pada bagian engsel.

Karena engsel pintu terletak pada bagian yang tertutup membuat karat ini mudah timbul jika tidak segera dibersihkan dan diberi cairan pelumasan.

4. Memperbaiki bekas tabrakan

Memperbaiki bekas tabrakan tentu menjadi hal penting dalam pencegahan karat yang akan menempel pada body mobil. Karena mobil yang baret, sobek karena ringsek permukaan body terdalam rentan mengalami korosi jika didiamkan dalam keadaan yang lama.

Maka dari itu jika sempat terjadi sebaiknya mobil segera diperbaiki dan dilakukan body repair agar kerusakan akibat tabrakan tidak meluas.

5. Tidak parkir ditempat yang lembab

Tips menghindari karat pada mobil yang terakhir yakni, selalu menghindari tempat parkir yang lembab. Hal ini dikarenakan parkir di tempat lembab dalam waktu lama akan berpotensi menimbulkan karat pada body mobil.

Parkiran menjadi lembab juga bisa disebabkan mobil yang setelah diguyur hujan langsung dimasukan ke dalam garasi yang tidak adanya udara di dalamnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4341 seconds (0.1#10.140)