Wuling Alvez Menantang Honda HR-V, Menggedor Toyota Raize

Sabtu, 25 Februari 2023 - 21:23 WIB
loading...
Wuling Alvez Menantang Honda HR-V, Menggedor Toyota Raize
Konsumen tengah memotret bagian depan Wuling Alvez di Hall D, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Wuling Alvez bikin heboh ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 karena harganya yang sangat murah di kelas compact SUV.

Dan tidak sekadar murah, fitur yang diberikan Alvez pun berlimpah. Sehingga Alvez menantang Honda HR-V di kelas compact SUV dengan harga setara Toyota Raize di small SUV.

Booth Wuling yang berlokasi di Hall D, JIExpo Kemayoran, terlihat penuh dengan konsumen yang melakukan transaksi. Padahal, saat itu Selasa (21/3) adalah hari kerja.

”Memang antusiasme konsumen terhadap Alvez luar biasa. Ada yang baru penasaran dan bertanya-tanya, ada yang langsung SPK. Ada yang sudah pernah menggunakan Wuling, ada yang baru pertama mencoba Wuling,” ujar salah satu sales mobil Wuling.

Wuling Alvez Menantang Honda HR-V, Menggedor Toyota Raize

Effendi S adalah salah satu konsumen yang ikut memesan Alvez siang itu. “Saya memang sudah lama ingin mobil SUV. Kebetulan ada saudara yang sudah memakai Wuling. Begitu Alvez keluar, saya langsung test drive dan hari ini SPK,” ujarnya.

Fendi, sapaan akrabnya, bukan penggemar mobil. Sehari-harinya ia lebih suka memakai transportasi umum ke kantornya.

Namun, setelah memiliki buah hati, ia merasa perlu untuk punya kendaraan pribadi. “Biar lebih praktis ketika harus bepergian bersama keluarga,” katanya.
Wuling Alvez, adalah mobil pertama yang ia beli. “Kalau untuk urusan merek saya tidak terlalu fanatik ya. Yang penting nyaman, saya suka SUV karena kelihatan lebih gagah dan mewah ya. Fan fiturnya (Alvez) juga cocok dengan kebutuhan saya,” beber Fendi, yang bekerja di bidang IT itu.

Sebelumnya, Fendi sudah membandingkan Alvez dengan kompetitor seperti Hyundai Creta dan Honda HR-V, bahkan Toyoto Raize dan Daihatsu Rocky.
“Bujet saya tidak lebih dari Rp250 jutaan, Wuling Alvez menurut saya jadi opsi terbaik dan termewah di rentang harga itu,” ungkapnya.

Gen Z Tidak Lagi Fanatik Merek Tertentu
Wuling Alvez Menantang Honda HR-V, Menggedor Toyota Raize

Ketika pertama datang ke Indonesia, Wuling memang mendapat tantangan besar dari konsumen mobil yang umumnya loyal terhadap merek Jepang. Tapi, pabrikan asal China itu konsisten merilis model baru yang bervariasi, ekspansi diler, hingga menyediakan garansi dan suku cadang.

Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan, sudah hadir selama 5 tahun kepercayaan konsumen terhadap Wuling sudah sangat baik.

“Kami juga terus melakukan inovasi dan riset, sehingga bisa memberikan harga terbaik di segmen compact SUV seperti Alvez,” beber Dian.

Beberapa produk menarik Wuling di Indonesia antara lain Wuling Formo Max untuk usaha, mobil listrik Wuling Air ev, hingga Wuling Almaz RS Hybrid. Selain masing-masing mobil mengincar segmen baru, juga selalu update dengan perkembangan teknologi.

”Saya rasa banyak dari Gen Z dan milenials sudah meninggalkan fanatisme terhadap merek tertentu. Mereka memilih mobil berdasarkan value yang didapat, bukan karena gengsi merek A ataupun B. Khususnya mereka yang baru membeli mobil pertama, atau mereka yang tinggal di daerah,” ujar Albert Tarigan, pengunjung IIMS 2023 yang juga penggemar otomotif.

Menghajar 2 Segmen Sekaligus
Wuling Alvez Menantang Honda HR-V, Menggedor Toyota Raize

Wuling Alvez diposisikan untuk bersaing dengan kelas compact SUV seperti Hyundai Creta (Rp291 juta-Rp408 juta), Honda HR-V (Rp375 juta-Rp529 juta), juga Chery Omoda 5 (Rp328 juta dan Rp398 juta).

Fitur-fitur Alvez seperti sunroof, mesin 1.500 cc, Wuling Remote Control App, Advanced Driver Assistance System (ADAS), LAMPU LED DRL, interior kulit, head unit berukuran 10,25 inci dan MID TFT Full Color 7 inci, Electric Parking Brake dengan Auto Vehicle Holding, serta Rear Parking Camera membuatnya bisa bersaing dengan kompetitor di compact SUV.

Wuling Alvez Menantang Honda HR-V, Menggedor Toyota Raize

”Karena kenyamanan pengemudi sangat penting saat mengendarai compact SUV Alvez,” beber Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Meski demikian, harga Wuling Alvez SE yang dibanderol Rp 209 juta (SE), Rp255 juta (CE), serta Rp295 juta (EX) on the road (OTR) DKI Jakarta justru membuat Alvez juga akan jadi lawan berbahaya bagi kelas small SUV seperti Toyota Raize (Rp232,4 juta-Rp302 juta), Daihatsu Rocky (Rp218 juta-Rp283,95 juta), dan Honda WR-V (Rp279 juta-Rp317 juta).

Bahkan, harga Alvez varian terendah SE dengan transmisi manual 6-percepatan, WIND, ADAS, auto power window, serta Wuling Indonesian Voice Command lebih murah dari Daihatsu Xenia (mulai Rp226,7 juta) bahkan Suzuki Ignis (Rp210,5 juta-Rp220,5 juta).


Alvez akan membuat konsumen semakin berpikir lagi soal “value”. Artinya dengan harga setara small SUV, mereka bisa mendapatkan mobil satu kelas lebih mewah (compact SUV).

Pada Januari 2023 silam, misalnya, pasar compact SUV dipimpin oleh Honda HR-V dengan 3.429 unit, sementara small SUV Toyota Raize terjual 1.315 unit. Jika lebih banyak konsumen Gen Z ataupun pembeli mobil pertama yang mengedepankan value daripada merek, bukan tidak mungkin Alvez akan melampaui penjualan Raize dan Creta, mengejarHondaHR-V.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2117 seconds (0.1#10.140)