Mengenal Fitur Keamanan ADAS yang Lagi Ngetren, Apa Gunanya?

Rabu, 01 Maret 2023 - 20:15 WIB
loading...
A A A
SVM menggunakan kamera yang dipasang di seluruh sisi kendaraan untuk memberikan tampilan 360 derajat dari sekitar kendaraan pada layar monitor. BVM memanfaatkan kamera untuk memberikan tampilan pada bagian belakang dan samping kendaraan ketika hendak berpindah jalur.

Selain itu, ada Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA). Sistem akan memberikan peringatan saat terdeteksi adanya mobil lain yang melintas, serta melakukan pengereman secara otomatis jika diperlukan.

Mengenal Fitur Keamanan ADAS yang Lagi Ngetren, Apa Gunanya?

Hyundai Creta yang juga sudah dibekali ADAS. Foto: dok Hyundai

Forward-Collision-Avoidance Assist (FCA) memiliki fungsi membantu menghentikan kendaraan secara otomatis dalam situasi tertentu saat sistem mendeteksi risiko tabrakan dengan kendaraan yang ada di depan melalui kamera depan dan sensor radar.

Ada juga Smart Cruise Control with Stop & Go Function yang memungkinkan mobil untuk mempertahankan jarak yang ditentukan dari kendaraan depan dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan ke batas yang telah ditentukan.



Fitur ini juga membantu mengurangi kelelahan pengemudi selama perjalanan jarak jauh dan dapat membantu mengurangi resiko kecelakaan, serta memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara di jalan tol atau jalan bebas hambatan.

Perlu diingat bahwa semua fitur yang disebutkan di atas pada dasarnya diciptakan untuk membantu berkendara dalam kondisi yang aman, bukan memungkinkan kendaraan untuk menjalankan fungsi self-driving. Maka dari itu, semua kendali dan keputusan utama tetap adapadapengemudi.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)