Tips Merawat Dek Motor Matik agar Tak Cepat Kusam

Selasa, 14 Maret 2023 - 05:01 WIB
loading...
Tips Merawat Dek Motor Matik agar Tak Cepat Kusam
Pemilik motor matik perlu sedikit memberikan perhatian pada bagian dek motor. Sebab, seiring pemakaian, bagian dek juga mudah kusam. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dek pada motor matik berfungsi sebagai tempat pijakan kaki, kadang juga untuk menaruh barang. Fungsi ini mengakibatkan dek motor matik menjadi cepat kusam dan rusak.

Oleh karena itu, pemilik motor matik perlu sedikit memberikan perhatian pada bagian dek motor. Sebab, seiring pemakaian, bagian dek juga mudah kusam sehingga kurang sedap dipandang.

Berikut tips merawat dek motor matik agar tidak cepat kusam dan rusak yang bisa dilakukan. Sebab, bagian dek motor punya fungsi yang penting.

1. Parkir di Tempat Teduh

Usahakan untuk memarkir motor di tempat yang tertutup. Jika parkir di tempat terbuka, bisa terkena panas dan hujan secara langsung. Apabila terjadi secara terus menerus, hal tersebut akan membuat dek motor cepat kusam atau pudar.


2. Hindari Membawa Barang Berlebih

Sebagai alat transportasi sepeda motor juga digunakan membawa berbagai barang. Namun, perlu diingat batas maksimum dan dimensi barang bawaan di setiap kendaraan bermotor.

Selain volume barang, perlu juga diperhatikan barang-barang yang memiliki sudut tajam. Benda tajam akan berdampak langsung mengenai dek motor.

3. Cuci Motor Secara Berkala

Saat musim hujan, lakukan pencucian motor dengan berkala, untuk menjaga penampilan motor matik. Untuk merawat dek motor, bisa menggunakan cairan khusus penghitam agar warnanya selalu dalam kondisi terbaik.

4. Gunakan Alas atau Karpet Dek

Menggunakan alas atau karpet dapat melindungi dek motor dari gesekan atau goresan. Selain itu, ini juga dapat meningkatkan kenyamanan dan tampilan motor.


5. Gunakan Lap Tebal Penyerap Air

Penggunaan lap tebal yang menyerap air merupakan cara yang paling mudah dilakukan untuk merawat dek motor. Hal ini bertujuan untuk membuang kotoran yang ada di dek motor terlebih saat motor terkena air hujan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2363 seconds (0.1#10.140)