ASEAN NCAP Kenalkan Fitur-fitur Keselamatan Terbaru di Kendaraan

Jum'at, 17 Maret 2023 - 06:34 WIB
loading...
ASEAN NCAP Kenalkan Fitur-fitur Keselamatan Terbaru di Kendaraan
Fitur-fitue keselamatan di kendraan terbaru. FOTO/ DOKS ASEAN NCAP
A A A
JAKARTA - Lembaga penguji keselamatan kendaraan baru di ASEAN ( ASEAN NCAP ) bekerjasama dengan Politeknik APP Jakarta dan PT Karya Fajar Ultima (KyFU) memperkenalkan fitur-fitur keselamatan terbaru di kendaraan yang diikuti para mahasiswa politeknik milik Kementerian Perindustrian tersebut.



Kegiatan bertajuk Vehicle Safety Course (VSC) yang melibatkan Safety Research (MIROS) itu diisi dengan pemaparan berbagai pihak yang peduli terhadap keselamatan berkendara, termasuk dari para insinyur manufaktur dan pembuat fitur keselamatan kendaraan.

Vehicle Safety Course adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) dan ASEAN NCAP (New Car Assessment Program).

Dalam penyelenggaraan yang keenam ini bekerjasama dengan Politeknik APP, sebuah kampus negeri milik
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan PT Karya Fajar Ultima (KyFU) yang merupakan sebuah perusahaan dalam bidang konsultan keselamatan jalan.

Pada setiap kegiatan VSC selalu akan menyajikan paparan-paparan dari berbagai pihak yang peduli terhadap keselamatan, terutama dari para manufaktur kendaraan maupun pembuat peralatan keselamatan.

Paparan disampaikan oleh para insinyur dari manufatur tersebut, sehingga harapannya adalah para peserta VSC ini akan mendapatkan informasi yang selengkap-lengkapnya akan fitur keselamatan yang disematkan pada suatu
Lembaga penguji keselamatan kendaraan baru di ASEAN (ASEAN NCAP) bekerjasama dengan Politeknik APP Jakarta dan PT Karya Fajar Ultima (KyFU) menggelar sosialisasi fitur-fitur keselamatan kendaraan yang diikuti para mahasiswa politeknik milik Kementerian Perindustrian tersebut.

Kegiatan bertajuk Vehicle Safety Course (VSC) yang melibatkan Safety Research (MIROS) itu diisi dengan pemaparan berbagai pihak yang peduli terhadap keselamatan berkendara, termasuk dari para insinyur manufaktur dan pembuat fitur keselamatan kendaraan.

Melalui VCS diharapkan para peserta akan mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai fitur keselamatan kendaraan, tidak hanya dari pembuat kendaraan tapi juga dari pembuat fitur itu sendiri, tulis KyFU dalam akun Medsos resmi mereka Jumat, (17/3/2023)

Presentasi dibuka oleh Adrianto Sugiarto Wiyono yang merupakan dosen di Politeknik APP Jakarta, juga sebagai anggota Technical Committe ASEAN NCAP, serta advisor pada PT Karya Fajar Ultima (KyFU) dengan topik Road Safety di Indonesia.

Sesi selanjutnya adalah tentang pengenalan terhadap ASEAN NCAP oleh Pn. Salina Mustaffa, dilanjutkan oleh En. Ts. Yahaya Ahmad, Technical Leader ASEAN NCAP, tentang protokol pengujian kendaraan dari ASEAN NCAP.

Sementara Katsuya Matsumura dari Toyota mempresentasikan mengenai safety assist yang ada pada kendaraan produksi Toyota. Nissan diwakili oleh Jun Nakashima, menyampaikan tentang fitur-fitur keselamatan pada kendaraan listrik Nissan.

Dalam kesempatan ini perwakilan dari Bosch Benhard Simanjuntak pun hadir menyampaikan paparan tentang berbagai teknologi keselamatan yang dibuatnya, terutama teknologi AEB (Autonomus Emergency Braking).

Bunditphong Promsiri dari Honda memaparkan tiga teknologi sekaligus yaitu Lane Watch, AEB, dan Child Protection/ Child Present Detection (CPD).

Dalam VSC kali ini tidak hanya kegiatan dalam kelas saja, namun juga kegiatan luar ruangan yang berisi demo berbagai fitur keselamatan yang telah dijelaskan di sesi kelas. Untuk sesi demo ini telah disiapkan Toyota bz4X dan Honda WR-V.

Di sela kegiatan ini, MIROS dan KyFU juga menandatangani nota kesepahaman untuk membangun kerja sama dalam bidang keselamatan jalan, baik dalam bentuk pelatihan, pengembangan teknologi, penelitian, kegiatan, dan berbagai hal yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya di wilayah ASEAN.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2308 seconds (0.1#10.140)