Selamat Tinggal Bumblebee, GM Bakal Hentikan Produksi Camaro di 2024

Jum'at, 24 Maret 2023 - 07:45 WIB
loading...
Selamat Tinggal Bumblebee, GM Bakal Hentikan Produksi Camaro di 2024
Cheverolet Camaro 2024 bakal mengakhiri warisan muscle car tersebut sejak 1960an. Foto: dok GM
A A A
JAKARTA - Chevrolet Camaro tinggal sejarah. General Motors (GM) mengetok palu bahwa Camaro generasi keenam yang akan rilis 2024 mendatang akan jadi generasi terakhir dari mobil legendari tersebut. Warisan Camaro akan berakhir di tahun depan.

Pada 2024, GM akan membuat Camaro edisi terakhir. Dan itu pun tidak banyak. Edisi terakhir itu diproduksi terbatas dengan embel-embel “Collector's Edition”. Artinya, mereka yang bisa membeli Camaro di 2024 itu akan jadi pemilik yang beruntung. Dipastikan harganya juga akan naik.

Lalu, bagaimana dengan nama Camaro selanjutnya? GM belum memberikan jawaban soal ini. Yang jelas, nama Camaro tidak akan benar-benar hilang seketika. Sebab, mobil tersebut tetap digunakan di seri balap seperti NASCAR, IMSA, SRO, NHRA, dan Supercars Championship.

Meski demikian, setelah edisi 2024 dirilis dan terjual habis, konsumen tidak akan bisa lagi menemukan Camaro baru di diler GM. Chevy mengatakan, Camaros terakhir akan diproduksi dari Pabrik Perakitan Lansing Grand River pada Januari 2024.

Sebagai perbandingan, produksi Charger dan Challenger model 2023 dijadwalkan berlanjut hingga 31 Desember 2023. Meskipun Camaro secara teknis bertahan satu tahun model lebih lama, produksinya akan berakhir hanya sebulan setelah Dodge menghentikan produksi muscle car mereka.

Selamat Tinggal Bumblebee, GM Bakal Hentikan Produksi Camaro di 2024

Adapun untuk Edisi Kolektor, Chevy belum memberikan detil seperti apa tampilannya kecuali siluet mobil tersebut.

Camaro 2024 akan tersedia dalam model RS, SS dan ZL1. Chevy hanya mengungkap dalam pengembangannya kembali mengambil referensi di Camaro generasi pertama. Nama kode programnya adalah ini: Panther.

Pemesanan untuk Camaro Collector's Edition akan dimulai pada musim panas tahun ini. Chevy akan memberikan informasi lengkapnya dalam beberapa bulan mendatang.

Camaro adalah salah satu ikon legendaris industri otomotif. Mobil tersebut juga telah tampil sebagai bintang di berbagai film layar lebar. Misalnya, 1969 Chevrolet Camaro Z28 di film Gone in 60 Seconds yang dibintangi Nicolas Cage dan Angelina Jolie pada 2000.



Selamat Tinggal Bumblebee, GM Bakal Hentikan Produksi Camaro di 2024

Lewat Transformers 1-5, Camaro juga kembali populer bahkan di kalangan remaja karena menjadi Bumblebee.

Camaro dikenalkan GM pada 12 September 1966 di Detroit, Michigan, sebagai jawaban terhadap popularitas Ford Mustang saat itu.

Mobil yang awalnya mengadopsi platform milik Pontiac Firebird ini merajai berbagai ajang balap di Negeri Paman Sam. Camaro dengan mesin V8 dan tenaga mencapai 650 dk jadi ikon musclecarbagiGM.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6146 seconds (0.1#10.140)