Kenyamanan Lahir Batin Mudik Lebaran dengan #DiantarSangBintang

Kamis, 23 Maret 2023 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan alasan masyarakat masih banyak yang menggunakan transportasi pribadi karena lebih memang lincah dan fleksibel. Bukan disebabkan harga tiket transportasi umum yang semakin mahal.

Hal itu diamini Sri Wastirah yang memang mau tidak mau nekat membawa mobil LCGC miliknya yang sudah berusia 10 tahun lebih. Dengan mobil itu dia berani membawa keluarganya yang berjumlah lima orang. "Kalau dibilang tidak nyaman ya mau gimana lagi. Dikuat-kuatin karena yang penting sampai kampung," katanya.

Perhatikan Kondisi Badan dan Mobil serta Manajemen Waktu

Sementara itu, pengamat otomotif dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan perjalanan mudik dengan mobil memang butuh kondisi fisik yang prima. Pasalnya perjalanan yang ditempuh sangat panjang.

"Idealnya maksimal waktu mengemudi adalah 3 jam dan tubuh sudah terasa tidak nyaman atau jenuh dan harus istirahat," jelasnya.

Jadi menurutnya pemudik mobil mau tidak mau harus pintar melakukan manajemen waktu. Mereka harus mengerti kondisi badan dan tahu kapan waktu untuk istirahat.

Kondisi fisik mau tidak mau menurutnya akan dipengaruhi oleh kondisi jalan dan mobil. Dia mengatakan akan sangat baik jika mobil yang digunakan benar-benar nyaman dan aman lahir batin.

Mobil-mobil yang memiliki visibilitas ekstra dan fitur pendukung diyakini akan sangat bermanfaat buat pemudik. "Dengan visibilitas ekstra, maka dapat membantu menurunkan penat dan keletihan pengemudi, apalagi nanti pada saat mudik nanti,” ungkap Sony Susmana.

Hal itu yang dirasakan oleh selebritas Omesh ketika mudik ke Surabaya, Jawa Timur beberapa tahun lalu.
Dia menceritakan perjalanannya dari Jakarta menuju Surabaya bisa memakan waktu sekitar 8 hingga 10 jam. Namun jika dalam keadaan jalan macet, waktu tempuhnya bisa mencapai 18 jam.

Dia bahkan memprediksi mudik lebaran tahun ini bakal lebih padat lagi mengingat kondisi sudah normal. “Kita harus tau titik-titik setop. Jangan pernah memaksakan," ujar Omesh saat jadi pembicara di booth Hyundai Motors Indonesia yang ada di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 (GJAW) beberapa pekan lalu.

Selain itu, menurut Omesh yang tak kalah penting adalah kendaraan yang digunakan mesti nyaman dan aman. Sebelum mudik, pastikan terlebih dahulu mobil atau kendaraan dalam kondisi baik, mulai dari mesin hingga bagian eksterior.

“Kita sebelum mudik itu pasti pengecekan rutin. Biasanya kita bawa ke bengkel terdekat, kita cek semuanya, mesin, ban juga,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4092 seconds (0.1#10.140)