Mudik 2023 Pakai SUV Hybrid, Berkendara Nyaman dan juga Hemat

Rabu, 29 Maret 2023 - 04:50 WIB
loading...
Mudik 2023 Pakai SUV Hybrid, Berkendara Nyaman dan juga Hemat
Wuling Almaz Hybrid. FOTO/ DOK WM
A A A
JAKARTA - Menggunakan mobil berteknologi hibrida atau hybrid electric vehicle (HEV) merupakan salah satu jurus ampuh untuk menekan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) saat mudik lebaran 2023.

BACA JUGA - Hadang Laju Mobil Listrik Google, Baidu Gandeng Geely

Momen lebaran biasanya digunakan keluarga di Indonesia untuk mudik dengan menggunakan Sport Utility Vehicle (SUV), dan Wuling memberi banyak pilihan mobil SUV di antaranya Almaz Hybrid, SUV ini tampil beda daripada seri Almaz yang sudah ada sebelumnya.

SUV Ini juga merupakan kendaraan hybrid pertama Wuling di Indonesia.

Sebagai pembeda dari Almaz konvensional, pada versi Hybrid ini tidak dibekali mesin 1.5 liter (1.451 cc) turbo melainkan 2.0 liter (1.999 cc) lalu dipadankan dengan motor listrik.

Di atas kertas Wuling Almaz Hybrid merupakan SUV yang diklaim mengedepankan performa dan efisien melalui inovasi hybrid. SUV Hybrid ini dibekali dengan inovasi terbaru dalam keluarga Almaz diantaranya Advanced Driver Assistance System (ADAS), Wuling Remote Control App melalui teknologi Internet of Vehicle (IoV), dan Wuling Indonesian Command (WIND).

Hasil pengetesan internal terkait konsumsi bahan bakar, Almaz Hybrid disebut jauh lebih irit dibanding dengan Almaz konvensional.
Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Indonesia mengklaim kalau konsumsi bahan bakar Almaz Hybrid mencapai 19 km per liter.
“Pengujian yang sudah dilakukan memperoleh angka 19 kilometer per liter. Hasil itu akan berbeda dengan pengujian di jalan sehari-hari,” ujar Danang.

Bicara performa, Almaz Hybrid dibekali mesin bensin 4-silinder 2.000cc yang menghasilkan daya maksimal 123 daya kuda dengan torsi 168 Nm.
Serta memiliki motor listrik yang memproduksi tenaga 174 HP dan torsi 320 Nm. Ditambah dengan Ternary Lithium baterai berkapasitas 1,8 kWh yang dilengkapi dengan Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Almaz Hybrid punya pilihan Multi-mode Hybrid Performance, yaitu EV Mode, Series Hybrid, dan Hybrid Parallel. Pada EV Mode, roda digerakkan oleh motor listrik yang mengambil energi listrik dari baterai Ternary Lithium.

Mode Series Hybrid, roda tetap digerakkan oleh motor listrik, namun mesin bensin beroperasi mengisi daya listrik pada baterai melalui motor generator.
Mode Hybrid Parallel adalah saat mesin bensin dan motor listrik beroperasi untuk menghasilkan daya penggerak roda secara bersamaan. Sistem ini bekerja secara otomatis menyesuaikan kondisi baterai, kebutuhan daya, serta kondisi jalan.

Gelontoran tenaga yang dikeluarkan dari mesin bensin tersebut sebesar 123 hp dan torsi 168 Nm, sedangkan motor listriknya berdaya maksimal 174 hp dan torsi 320 Nm.
Konsumen yang membeli Almaz Hybrid akan mendapatkan garansi baterai 8 tahun atau 120 kilometer. Garansi baterainya sama seperti Wuling Air EV.

Masuk dalam ruang kabin terasa lega ditambah dengan sentuhan premium, membuat interior Almaz Hybrid nyaman dan terlihat elegan.
Perjalanan mudik yang jauh bersama keluarga, kabin menjadi luas dan nyaman menjadi harga mati. Almaz Hybrid dalam kabinnya memberikan nuansa Warm Beige Leather Seats dengan konfigurasi 7 kursi penumpang.
Terdapat panoramic sunroof serta tampilan baru dari new digital TFT meter cluster di dashboard, konsol tengah dengan desain modern, dan tuas transmisi baru.
Selain itu, fitur entertainment yang berada di Wuling Almaz Hybrid dipastikan jadikan mudik Anda lebih mengasyikan.

Inovasi Wuling Remote Control App melalui teknologi Internet of Vehicle (IoV) juga hadir dalam Almaz Hybrid. Fitur ini membuat pengguna dapat terkoneksi dan memegang kendali kendaraan hanya dengan sentuhan jari melalui aplikasi MyWuling+ dan Head Unit.

Selain itu, fitur perintah suara pertama yang menggunakan bahasa Indonesia, yaitu WIND untuk pengoperasian beragam fitur hanya dengan kata kunci “Halo Wuling”.

SUV ini juga menjadi model kedua yang mengimplementasikan fitur ADAS. Teknologi ini terdiri dari empat kategori fungsi, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance and Braking Assistance, dan Automatic Light dengan total 12 fitur yang mendukung keselamatan dalam berkendara.

Almaz Hybrid yang dibanderol Rp472 juta (OTR Jakarta) menyajikan tampilan sophisticated design berupa wujud yang modern dan sporty dengan adanya Prominent Hybrid Emblem. Keempat rodanya menggunakan alloy wheels 18 inci.

Saat momen mudik 2023 ini Wuling Motors Indonesia juga menawarkan program tukar tambah atau trade in pemilik Almaz biasa dengan Almaz hybrid dan promo ramadan sale.

“Pemilik Almaz yang mau beli dengan sistem tukar tambah jadi Almaz hybrid ada additional trade in sebesar Rp 5 juta. Lalu promo ramadan sale untuk Almaz Hybrid adalah DP mulai dari 100 juta atau cicilan 8 juta per bulan” terang Public Relations Manager Wuling Motors, Brian Gomgom
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)