Tips Pengecekan Mobil sebelum Digunakan Mudik dan Libur Lebaran 2023

Rabu, 12 April 2023 - 07:37 WIB
loading...
Tips Pengecekan Mobil sebelum Digunakan Mudik dan Libur Lebaran 2023
Menjelang mudik dan libur Lebaran 2023 perlu dilakukan pengecekan mobil yang hendak digunakan. Mempersiapkan mobil dengan baik sangat perlu agar perjalanan mudik dan libur Lebaran tetap aman dan nyaman. Foto/Auto2000
A A A
JAKARTA - Menjelang mudik dan libur Lebaran 2023 perlu dilakukan pengecekan mobil yang hendak digunakan. Mempersiapkan mobil dengan baik sangat perlu agar perjalanan mudik dan libur Lebaran tetap aman dan nyaman.

Untuk memastikan mobil dalam kondisi yang prima dan siap digunakan untuk mudik atau liburan, ada beberapa bagian pada mobil yang perlu kamu cek. Berikut tips yang perlu diperhatikan seperti dikutip dari Auto2000.

1. Ban Mobil

Ban mobil merupakan komponen paling penting, karena bersinggungan langsung dengan jalan. Jadi pastikan ban dalam kondisi siap pakai. Adapun beberapa titik yang perlu kamu cek, yakni telapak ban, dinding ban tidak sobek atau benjol, serta tekanan angin yang terjaga.



2. Oli Mobil

Selain ban, periksa juga kondisi oli mobil. Mulai oli mesin, oli transmisi, hingga oli gardan. Oli merupakan cairan yang dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen bergerak pada mesin dan sistem penggerak lainnya.

3. Filter Mobil

Kondisi saringan atau filter pada mobil perlu diperhatikan, misalnya filter oli, filter udara, filter bensin, termasuk filter kabin atau filter AC. Peran filter sangat penting karena berfungsi untuk penyaring kotoran. Adapun dampak buruk bila filter tidak diganti, oli, bensin, atau udara yang terkontaminasi kotoran bisa mengganggu kerja mesin.

4. Sistem Suspensi

Sektor kaki-kaki pada mesin tidak kalah penting karena punya fungsi vital sebagai penerus daya, kemudi, dan peredam guncangan atau shock absorber. Ketika perjalanan mudik, seluruh bagian kaki-kaki bekerja cukup keras, karena beban muatan yang penuh dan kondisi jalan yang dinamis. Jadi risiko kerusakan mudah timbul, seperti saat menabrak lubang dalam kecepatan tinggi.

5. Rem Mobil

Rem merupakan salah satu bagian terpenting pada mobil. Oleh karena itu, lakukanlah pengecekan rem seperti minyak rem yang berkurang segera ditambah. Selain itu, pastikan tidak ada kebocoran pada selang, yang biasanya ditandai adanya rembesan di sambungan atau lekukan.



6. Lampu Mobil

Kondisi perjalanan terkadang tidak bisa diprediksi, sehingga sangat penting untuk mengecek semua komponen pendukung seperti lampu. Mulai lampu utama, lampu rem, lampu kabut, serta lampu sein. Pastikan kondisi lampu semua baik dan cek juga soket lampu. Apabila terdapat soket lampu atau lampu yang mulai bermasalah, sebaiknya segera diganti.

7. Aki Mobil

Aki mobil juga menjadi bagian cukup penting, karena sebagai sumber utama kelistrikan yang harus dijaga. Sebaiknya cek kondisi aki dengan seksama, dan segera diganti apabila sudah ada tanda-tanda kondisinya kurang baik. Selain itu, periksa juga kinerja alternator, karena tugasnya semakin berat saat hujan turun, seperti harus menyalakan AC, wiper dan lampu secara bersamaan.

8. Cairan Mobil

Air Radiator berfungsi untuk pendingin agar temperatur mesin stabil, khususnya saat perjalanan jauh. Jadi, pastikan air pada tangki air radiator tidak berkurang dari batas maksimal dan tidak ada kebocoran di salurannya. Periksa juga air washer yang berfungsi membantu wiper untuk membersihkan kaca depan, agar visibilitas pengemudi tetap terjaga. Jangan lupa juga periksa wiper dalam kondisi layak pakai.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)