4 Mobil China di Indonesia, Ada yang Sempat Mengalami Masa Kelam di Tanah Air

Selasa, 02 Mei 2023 - 16:56 WIB
loading...
4 Mobil China di Indonesia, Ada yang Sempat Mengalami Masa Kelam di Tanah Air
Terdapat empat mobil China yang cukup populer di Indonesia. Salah satunya Wulling. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat mobil China yang cukup populer di Indonesia . Sebagai negara yang punya angka perkembangan ekonomi terbesar, Tiongkok kini mulai merambah pasar otomotif dunia dan siap jadi pesaing berat bagi Jepang, AS, dan beberapa negara Eropa.

Dilansir dari Kemendagri, di samping menjadi pemasok, China tidak kalah potensinya untuk pasar otomotif dunia. Negara tersebut dewasa ini memiliki potensi pasar dan purna jual semakin tinggi di bisnis otomotif.

Saat ini China mulai mempertunjukkan mobil-mobil yang punya kualitas mumpuni dengan harga terjangkau supaya dapat memenuhi kriteria pasar Indonesia.


Mobil China di Indonesia

Berikut ini empat mobil China yang sudah mulai dikenalkan di pasar Indonesia.

1. Wuling

Bisa dibilang Wuling merupakan merek mobil China yang paling populer di Indonesia. Perusahaan yang berfokus pada mobil keluarga ini terkenal akan harganya yang terjangkau ketimbang mobil keluarga bikinan Jepang.

Beberapa varian produksi Wuling diantaranya, Almaz, Cortez CT, Confero, dan Formo. Harganya sendiri berkisar di angka Rp 144 juta sampai Rp 378 juta.

2. DFSK (Dongfeng Sokon Automobile)

Perusahaan otomotif yang telah berdiri sejak tahun 2003 ini menggandeng PT Kaisar Motorindo Industri hingga pada akhirnya terbentuk PT Sokonindo Automobile untuk memproduksi mobil DFSK.

Telah banyak varian mobil DFSK yang telah meramaikan pasar otomotif Indonesia. Misalnya saja seperti Gelora, Gelora Electric, Super Cab, hingga GLORY 580. Harga pasarannya sendiri berada di kisaran Rp 136 juta sampai Rp 335 juta. Varian termahal berasal dari Gelora Electric yang capai harga Rp 480 juta.


3. Geely

Geely mulai muncul di pasar Indonesia sejak tahun 2009. Model city car dan sedan jadi unggulan mobil China ini. Sayangnya perusahaan otomotif tersebut sempat mengalami masa suram di Indonesia pada tahun 2013 sampai 2016 lantaran sama sekali tidak ada kabar terkait penjualannya.

4. Chery

Sama seperti Geely, Chery juga lebih mengandalkan model city car untuk pasar Indonesia. Mobil ini sempat mencuri perhatian masyarakat Indonesia dengan beberapa produknya seperti A1, Tiggo dan Chery QQ di tahun 2009.

Sempat tidak terdengar kabarnya, perusahaan otomotif China ini kembali muncul di tahun 2022. Kini Chery lebih berfokus pada model SUV seperti Omoda 5, dan beberapa varian Tiggo.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)